Pekanbaru Jadi Tuan Rumah HUT Damkar ke-100 

Mendagri Pesan Agar Damkar, Satpol PP, dan Linmas Lebih Mandiri

GILANGNEWS.COM - Berkat kerjasama dan dukungan semua pihak, Kota Pekanbaru yang ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar ke-100, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 tingkat nasional akhirnya bisa berjalan sukses dan meriah. 

Tidak hanya itu, kegiatan yang digelar di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai, (6/3/2019) ini diharapkan tidak hanya sekedar agenda serominial belaka, namun diharapkan lebih memupuk semangat personel Damkar, Satpol PP dan Satlinmas agar lebih mandiri dan siap terjun memberikan pelayanan di tengah-tengah masyarakat. 

Upacara HUT Damkar,  Satpol dan Satlinmas ini langsung dipimpin oleh Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamat Kota Pekanbaru Burhan Gurning, sebagai Perwira Upacara Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Drs. H. Mohd Noer MBS, SH, M.Si, MH dan Inspektur Upacaranya Menteri Dalam Negeri Tjahjo Koemolo.

Usia memimpin upacara, Mendagri kepada warga menyatakan jika personel Damkar, Satpol PP dan Linmas harus mampu terjun memberikan pelayanan di tengah-tengah masyarakat.

"Kami ingin terus mengoptimalkan Damkar, Satpol PP, dan Satlinmas untuk sepenuhnya melayani masyarakat," ujarnya.

Termasuk dalam pelaksaan Pemilu 2019, kata Mendagri, Damkar, Satpol PP serta Satlinmas yang merupakan instansi di bawah kendali Kemendagri harus ikut andil menyukseskan Pemilu dengan menjalin koordinasi bersama pihak kepolisian.

"Salah satunya dalam menjaga TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan kantor KPU (Komisi Pemilihan Umum)," pinta dia.

Lebih jauh Mendagri mengatakan fungsi melayani masyarakat tidak hanya pada perizinan dan regulasi saja termasuk fungsi Damkar, Linmas dan Satpol PP tetap dibutuhkan.

"Saya kira itu intinya, agar ke depan pelayanan kepada masyarakat tidak hanya semata-mata perizinan saja dan aspek-aspek regulasi," tegasnya lagi.

Disemarakkan Berbagai Atraksi 

Peringatan HUT Damkar ke-100, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 tingkat nasional tahun 2019 di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai, Rabu (6/3/2019) pagi disemarakkan dengan berbagai atraksi salah satunya atraksi bela diri, yong modo, jiujitsu, kempo dan tinju yang ditampilkan personel Satpol PP Pekanbaru.

Tak hanya itu, atraksi yang paling memukau yang ditampilkan personel Satpol PP yakni memecahkan material seperti genteng, batako hingga membengkokkan kawat besi dengan leher dan mematahkan kawat baja menggunakan jari kelingking.

Berbagai atraksi personel Satpol PP Pekanbaru mendapat apresiasi salah satunya dari Kepala Satpol PP Kabupaten Mamuju Adnan Rasyid. Dia menyatakan kegiatan tingkat nasional ini cukup meriah.

"Sangat meriah peringatan HUT kali ini. Semoga korps Satpol PP, Damkar dan Satlinmas makin jaya," harapnya.

Dilain sisi, Walikota Pekanbaru - Firdaus yang sebelum hari H terus memantau persiapan pelaksanaan HUT Damkar, Satlinmas dan Satpol PP mengaku puas dengan pelaksanaan iven nasional di Pekanbaru. Untuk persiapan HUT Damkar, Satpol dan Linmas sendiri disebut wali kota sudah 100 persen.

"Persiapan sudah siap, sudah berjalan sesuai yang diharapkan," terang wali kota disela-sela mendampingi Mendagri.

Sebelumnya, adanya iven tingkat nasional yang menghadirkan ribuan orang ke Pekanbaru, diharapkan bisa dampak positif bagi perkembangan perekonomian di Pekanbaru.

“Ada sekitar 6000 pengunjung yang hadir ke Pekanbaru dari seluruh Indonesia untuk mengikuti iven nasional di Pekanbaru. Hotel-hotel akan terisi dan juga pusat kuliner akan ramai didatangi,”ungkap Sekdako Pekanbaru - M Noer.

Dilain sisi, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru, Burhan Gurning mengatakan, tidak mudah bagi Kota Pekanbaru untuk bisa terplih sebagai tuan rumah penyelenggaran iven tingkat nasional seperti HUT Damkar.

“Kita sudah sampaikan permohonan menjadi tuan rumah sejak awal tahun lalu, pasca peringatan HUT Damkar di Ambon,” sebut Gurning yang beberapa kali mendatangi Kemendagri terkait kesiapan kota Pekanbaru sebagai tuan rumah.

Hadir dalam HUT Damkar ke-100, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 tingkat nasional tahun 2019 ini Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Edy Afrizal Natar Nasution, Walikota Pekanbaru Firdaus dan Wakil Walikota Ayat Cahyadi.

Kemudian hadir juga perwakilan kepala daerah, Kepala Damkar dan Satpol PP se-Indonesia, Forkopimda Riau dan Kota Pekanbaru, Sekdako M Noer serta pejabat di lingkungan Pemprov Riau dan Pemko Pekanbaru.(Adv/Humas)


Tulis Komentar