Riau

Gajah Liar Masuk Kebun Sawit Riau untuk Cari Makan di Wilayah Jelajahnya

Gajah.

GILANGNEWS.COM - Enam ekor gajah liar masuk ke kebun sawit di Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau. Kehadiran gajah tersebut untuk mencari makan di bekas wilayah jelajahnya yang kini telah beralih fungsi.

"Gajah di perkebunan sawit karena lokasi itu dulunya merupakan wilayah jelajahnya. Hanya saja wilayah tersebut berubah menjadi perkebunan sawit," kata Dirjen Koservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementrian LHK, Wiratno, dalam perbincangan dengan media, Kamis (13/6/2019).

Menurut Wiratno, gajah tidak akan mendatangi lokasi tersebut jika lokasi itu tidak bagian dari wilayah perlintasan. Dalam hitungan dua atau tiga tahun sekali, gajah akan melintasi jalan yang pernah dilaluinya.

"Gajah liar 6 ekor tersebut adalah satu keluarga yang ada di dalam Taman Nasional Tesso Nilo di Riau. Gajah tersebut kembali menyusuri jalan yang pernah dilaluinya," kata Wiratno.

Selain itu juga, kata Wiratno, tidak tertutup kemungkinan di dalam TNTN pasokan pakan gajah bisa jadi berkurang sehingga sebagian gajah mencoba untuk mencari makan di tempat yang lain.

"Gajah mencari makannya tetap saja di jalur-jalur yang pernah mereka lalui sebelumnya," kata Wiratno.

Di jalur tersebut, katanya, gajah mencoba untuk mencari makan. Persoalannya jalan yang pernah mereka lalui beberapa tahun yang lalu, kondisinya kini sudah beralih fungsi menjadi perkebunan sawit.

"Inilah persoalan yang sering terjadi selama ini. Masyarakat menganggap gajah masuk kebun sawit, padahal dulunya wilayah tersebut merupakan lintasan gajah," tutup Wiratno.

 


Tulis Komentar