Nasional

Gejala Infeksi Ginjal pada Orang Dewasa dan Anak-anak

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Infeksi ginjal dapat mengganggu fungsi salah satu organ tubuh paling penting dan dapat mengancam jiwa. Penyakit ini perlu diobati.

Peradangan pada ginjal umumnya dimulai dengan infeksi kandung kemih yang menyebar ke ginjal. Bakteri penyebab infeksi ginjal paling umum adalah E coli.

Setiap orang dapat mengalaminya, tetapi perempuan disebut lebih banyak menderita infeksi ginjal. Penyebabnya adalah uretra perempuan yang lebih pendek dan berdekatan dengan vagina dan anus. Kondisi ini menyebabkan bakteri lebih mudah masuk ke uretra, kandung kemih, dan ginjal ketimbang pada pria.

Dikutip dari situs kesehatan Web MD, perempuan hamil juga berisiko lebih tinggi terkena infeksi kandung kemih dan ginjal karena janin dapat menekan uretra dan memperlambat aliran urine.

Gejala yang muncul dari infeksi ginjal umumnya berkembang dengan cepat dalam hitungan jam atau hari.

Berikut gejala yang timbul akibat infeksi ginjal, dikutip dari NHS:
- rasa sakit atau tidak nyaman di sisi punggung bagian bawah atau sekitar alat kelamin
- suhu tubuh tinggi atau dapat mencapai 39,5 derajat Celcius.
- menggigil atau kedinginan
- merasa lemah atau lelah
- hilang nafsu makan
- diare
- mual dan muntah

Jika infeksi ginjal juga disertai dengan infeksi saluran kemih, kemungkinan gejala yang timbul disertai rasa sakit saat buang air kecil, kencing lebih sering, darah pada urine, urine berwarna, nyeri pada perut bagian bawah, dan rasa sakit pada kelamin.

Pada orang dengan usia lanjut, infeksi ginjal dapat menyebabkan kebingungan.

Pada anak-anak, gejala infeksi ginjal yang dapat timbul berupa urine yang bau, darah pada urine, mengompol, suhu tubuh tinggi, sakit perut, muntah, dan tidak mau makan.

Jika mendapati gejala-gejala ini, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.


Tulis Komentar