• Follow Us On : 

Upacara Mengenang Arwah Para Pahlawan di Banyuwangi


Dibaca: 700 kali 
Rabu,17 Agustus 2016 - 07:19:12 WIB
Upacara Mengenang Arwah Para Pahlawan di Banyuwangi
Gilangnews.com - Tepat pukul 00.00 WIB di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wisma Raga Satria, Banyuwangi terasa syahdu. Beberapa siswa berpakaian seragam Gerakan Pramuka membawa obor untuk menyalakan lilin kecil yang diletakkan di pusara makam para pahlawan.
 
Sebelumnya penerangan di sekitar TMP telah dipadamkan. Temaram cahaya lilin menjadi satu-satunya penerangan yang menguatkan suasana syahdu.
 
Inilah kegiatan upacara menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Hadir dalam acara itu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto, Komandan Distrik Militer 0825 Letkol Robie Bulan, Kepala Kejaksaan AA Adnyana, Ketua DPRD I Made Cahyana Negara beserta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
 
Bertindak sebagai inspektur upacara Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Wahyu Endriawan.
 
"Kami yang hadir pada hari ini Rabu, 17 Agustus 2016 pukul 00.00 WIB. Pada upacara untuk memperingati akan jasa-jasa para pahlawan TNI-polri 606 orang, pegawai negeri 2 orang, pejuang rakyat 498 orang, pahlawan tak dikenal 34 orang. Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya akan keikhlasan sebagai pahlawan terhadap perjuangan demi negara dan bangsa," kata Wahyu saat membacakan apel kehormatan dan janji suci di TMP Raga Satria Banyuwangi, Rabu (17/8/2016).
 
Mewakili peserta upacara Wahyu berjanji untuk setia pada tanah air dan meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah gugur. Tak lupa seluruh peserta upacara juga mendoakan arwah para pahlawan.
 
"Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara dan jalan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan bagi kami. Semoga arwah saudara-saudara diterima di Tuhan Yang Maha Esa," katanya.
 
Ditemui usai upacara Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan nyala api dari lilin sebagai simbol kobaran semangat perjuangan. Dia menambahkan penghormatan Banyuwangi secara fisik kepada para pahlawan dengan cara mengubah imej makam menjadi tidak menakutkan.
 
"Secara fisik penghargaan kepada pahlawan dengan menata kawasan TMP menjadi nyaman dan tidak menakutkan. Mungkin hanya di Banyuwangi satu-satunya makam yang ada wifinya," ungkap Anas. 
 
TMP Wisma Raga Satria pernah mendapat penghargaan sebagai salah satu TMP yang terbaik dari Kementerian Sosial. Sebagai hadiahnya Banyuwangi dibuatkan monumen nama-nama pahlawan yang dimakamkan di TMP tersebut.
 
[P]
 
Sumber Detik.com
Editor :
Sumber :
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :