Riau

Masuk Lima Penyaji Terbaik, Tim Tari Riau akan Tampil di Pekan Kebudayaan Nasional

Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Raja Yoserizal Zen.

GILANGNEWS.COM - Tim tari provinsi Riau, Sanggar Bathin Sembilan asal Bengkalis, masuk lima penyaji terbaik bersama empat provinsi lainnya di Indonesia. Atas prestasi yang diraih ini, tim Riau dijemput untuk tampil pada Helat Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) pada Oktober mendatang di Jakarta.

"Tari berjudul 'Bayangan Zapin' dengan koreografer Khairul Anwar dan Penata Musik Ridho Fatwandi ini berhasil masuk lima penyaji terbaik di Indonesia," kata Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Raja Yoserizal Zen, kepada media, (7/7/2019).

Menurutnya, selain Riau akan tampil empat provinsi lainnya, yakni Maluku Utara, Sulawesi Selatan, Kepulauan Riau dan Jawa Timur.

Pestasi yang diraih Sanggar Bathin Sembilan ini bukanlah semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini dikarenakan proses awal adalah dengan mengirimkan video tari yang akan disertakan dalam perlombaan.

"Sanggar yang dipimpin seniman Musrial Alhak ini lolos kurasi sejak tahun lalu," ujar Yos yang juga Ketua Umum Dewan Kesenian Riau.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud RI akan melaksanakan iven PKN sebagai puncak festival seni budaya di Indonesia pada 1-9 Oktober 2019.

"Selain masuk lima penyaji terbaik, penarinya juga masuk dalam 10 penari terbaik di Indonesia," cakap Yoserizal.


Tulis Komentar