Nasional

Bendera Merah Putih Selimuti Peti Jenazah Sutopo

Sutopo Purwo Nugroho.
Loading...

GILANGNEWS.COM -  Prosesi pemakaman Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Sutopo Purwo Nugroho berlangsung khidmat di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sasonolayu, Boyolali, Senin (8/7).

Pantauan media, ratusan pelayat yang didominasi anggota BPBD hingga pegawai negeri sipil setempat hadir mengiringi Sutopo ke peristirahatan terakhir.

Peti jenazah Sutopo diangkat menuju titik pusat prosesi upacara pemakaman. Bendera merah putih menyelimuti peti jenazah. Upacara pemakaman dipimpin langsung oleh Kepala BNPB, Doni Monardo. Prosesi pemakama akan dilakukan pukul 09.30 WIB.

Prosesi pemakaman Sutopo Purwo Nugroho berlangsung mengikuti tradisi kedinasan BNPB. Prosesi tersebut merupakan permintaan khusus dari Kepala BNPB Doni Monardo. Sutopo meninggalkan BNPB sebagai 'pahlawan kemanusiaan' dan informasi andalan BNPB.

Loading...

"Pemakamannya akan kita coba dengan tata cara militer, tetapi pesertanya dari kalangan PNS," ujarnya usai mengantar jenazah ke rumah duka di Perumahan Raffles Hills, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu (7/7) malam.

BNPB sudah bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Boyolali guna menerjunkan PNS sebagai peserta upacara pemakaman almarhum Sutopo.

Jenazah Sutopo sebelumnya tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali pada pukul 06.32 WIB, jenazah Sutopo dibawa ke Boyolali melalui jalur darat.

Sutopo meninggal akibat kanker paru-paru setelah melewati proses pengobatan Guangzhou, Tiongkok sejak pertengahan bulan lalu. Dari awal proses pengobatan, Sutopo ditemani oleh sang istri Retno Utami Yulianingsih.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar