• Follow Us On : 

Persiapan Panitia Menyambut Kedatangan Jemaah di Makkah


Dibaca: 754 kali 
Kamis,18 Agustus 2016 - 06:59:41 WIB
Persiapan Panitia Menyambut Kedatangan Jemaah di Makkah
Gilangnews.com - Para petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja Makkah tak lama lagi akan kedatangan jemaah haji yang bergerak dari Madinah. Sejumlah persiapan sudah dilakukan, mulai dari persiapan fisik sampai mental untuk melayani jemaah.
 
Sejak Rabu (17/8/2016) siang, Kepala Daerah Kerja Makkah Arsyad Hidayat sudah mengumpulkan para kepala sektor dan kepala seksi di kantornya. Semua ditanya satu per satu terkait hal-hal yang sudah dilakukan untuk menyambut jemaah. Arsyad ingin memastikan secara detail apa saja yang sudah siap dan masih kurang.
 
"Dari hasil rapat sebagaimana disampaikan sektor dan kepala seksi persiapan Daker Makkah menerima jemaah haji awal kondisinya 90 persen," kata Arsyad.
 
Berikut beberapa poin yang jadi perhatian persiapan menyambut jemaah:
 
Pemondokan
 
Secara umum, pemondokan yang akan ditempati jemaah sudah siap. Ada 117 pemondokan yang terbagi dalam 9 sektor di 6 maktab. Menurut Arsyad, sebagian besar kunci kamar sudah diserahkan ke panitia. Sebagian yang belum karena ada salah pemahaman terkait waktu penyerahan kunci. Pihak hotel mengira kunci diserahkan lima hari sebelum kedatangan jemaah yang datang ke hotel mereka, padahal seharusnya diserahkan lima hari sebelum kedatangan jemaah pertama.
 
"Setelah rapat tadi, kita akan upaya agar mereka langsung menyerahkan kunci," tambahnya.
 
Kondisi pemondokan jemaah pun sangat layak. Bahkan disebut setara hotel bintang tiga. Di sekitar pemondokan ada masjid, restoran, bahkan sebagian ada yang disertai fasilitas kantor untuk petugas.
 
Katering
 
Terkait urusan katering, Daker Makkah sudah memanggil 23 perusahaan penyedia katering malam tadi. Dari perusahaan tersebut, ada tiga yang mendapat teguran keras karena belum melakukan persiapan maksimal.
 
Menurut Arsyad, siang ini ketiga perusahaan tersebut sudah memperbaiki hal-hal yang masih kurang. Persoalan juru masak dari Indonesia dan sanitasi sudah diurus dengan baik.
 
"3 dapur yang kita ancam sudah melakukan perbaikan. Berdasarkan laporan yang kita terima, mereka sudah melakukan apa yang kita minta," tegasnya.
 
Salah satu katering bernama REMAS, yang sempat dikhawatirkan tak ada juru masak Indonesia, sudah memenuhinya dan langsung melakukan demo masak siang tadi.
 
Transportasi
 
Masalah transportasi, menurut Arsyad, sudah siap. Bus shalawat yang akan melayani jemaah haji untuk salat fardlu ke Masjidil Haram sudah akan beroperasi. Ada empat bus sebagai awal pelayanan terhadap jemaah yang baru datang malam ini di sektor 1.
 
Keamanan
 
Tim Perlindungan dan Keamanan Jemaah juga sudah mempersiapkan diri. Orientasi lokasi di Masjidil Haram sampai hotel sudah dilakukan.
 
Isu penting yang jadi perhatian keamanan adalah larangan untuk siapa pun naik ke atas kamar jemaah. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan menjaga keamanan jemaah.
 
Kesehatan
 
Menurut Arsyad, klinik di setiap sektor sudah mempersiapkan diri. Tersedia bed untuk one day care dan antisipasi lonjakan jemaah yang membutuhkan perawatan.
 
Para dokter di sektor juga sudah membuat perencanaan. Bersama dokter di kloter masing-masing, mereka akan melakukan visitasi ke jemaah guna mendeteksi dini kemungkinan gangguan kesehatan jemaah haji.
 
Persiapan Mental
 
Selain mengecek persiapan fisik, tim Daker juga mempersiapkan diri secara mental. Mereka melakukan hataman Quran dan berdoa bersama dengan harapan bisa mendapat pertolongan dari Allah SWT dalam rangka melayani jemaah.
 
"Kita berusaha semaksimal mungkin tapi kita serahkan ke Allah yang Maha kuat," harap Arsyad.
 
"Allah yang akan menentukan kita berhasil apa tidak. Allah yang akan menentukan penyelenggaraan tahun ini bisa berjalan lancar atau tidak. Tahun lalu bisa menjadi pelajaran bagi kita. Kita tidak pernah membayangkan tahun lalu terjadi peristiwa crane dan mina. Mudah mudahan tahun ini kita dijauhkan dari segala macam musibah," paparnya.
 
Selain mengaji, para petugas juga menggelar acara taaruf agar para petugas saling mengenal. 
 
[P]
 
Sumber Detik.com
Editor :
Sumber :
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :