• Follow Us On : 

2 orang WNI Berhasil Lolos dari Abu Sayyaf


Dibaca: 622 kali 
Jumat,19 Agustus 2016 - 09:38:24 WIB
2 orang WNI Berhasil Lolos dari Abu Sayyaf Ilustrasi
Gilangnews.com - Dua orang WNI berhasil kabur dari penyanderaan teroris kelompok Abu Sayyaf di Filipina. Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanudin mengatakan WNI tersebut bisa jadi kunci pembebasan WNI lain yang masih disandera Abu Sayyaf.
 
Tubagus mengatakan, lolosnya WNI tersebut dari penyanderaan Abu Sayyaf menunjukkan bahwa kelompok teroris itu ada kelemahan di sisi pengawasan sandera dan pemetaan wilayah. 
 
"Lolosnya WNI itu terindikasi memang tidak dijaga atau rute yang dilewati tidak dikuasai oleh penyandera. Jadi ada kelemahan mereka di sisi pengawasan dan pemetaan," kata Tubagus saat berbincang, Kamis (18/8/2016).
 
Tubagus juga menilai, kelompok Abu Sayyaf ini tidak memiliki jaringan yang kuat dengan kelompok lain. "Ini menunjukkan bahwa mereka tidak kuat-kuat amat, cuma mereka ini tersembunyi. Artinya kelompok yang melakukan penyanderaan itu kelompok khusus yang tidak ada hubungan dengan kelompok lain yang jumlahnya lebih besar. Jadi kekuatan pasukan penyandera ini di Mindanao harusnya bisa dikuasai oleh pasukan nasional Filipina," kata Tubagus.
 
Untuk itu, lanjut Tubagus, pemerintah dan pihak keamanan bisa segera menggali informasi dari WNI yang berhasil lolos tersebut. Gunanya untuk melakukan pemetaan. Dengan kata lain, WNI yang berhasil kabur ini bisa menjadi kunci pembebasan WNI lain yang masih disandera Abu Sayyaf. 
 
"Untuk menambah informasi tolong diamankan dan diperiksa segera WNI yang berhasil lolos tersebut. Hasil data intelijennya bisa diberikan ke Filipina, untuk jadi bahan kajian sebuah rencana strategis untuk pembebebasan sandera lainnya," kata politisi PDIP ini.
 
[P]
 
Sumber Detik.com
Editor :
Sumber :
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :