Riau

Sebaran Titik Panas Karhutla di Riau Naik Lebih 300 Persen

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Kondisi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau masih tetap berlangsung. Sebaran titik panas (hotspot) semakin meningkat tajam 300 persen lebih.

BMGK Pekanbaru, Rabu (1/8/2019) merilis data soal sebaran hotspot berdasarkan pantauan satelor Terra/Aqua. Data yang dilansir dari rilis BMKG, diketahui sejak pukul 06.00 WIB sebaran titik panas pada level confidence 70 persen ditemukan 82 titik panas di Riau. Di provinsi lain pada level yang sama tidak ditemukan titik panas.

Hotspot tersebut menyebar di sejumlah kabupaten di Riau. Untuk Kabupaten Bengkalis 2, Kampar 2, Pelalawan 39, Rokan Hilir 9, Rokan Hulu 1, Siak 3, Indragiri Hilir 16 dan Indragiri Hulu 7.

Bila merujuk pada data BMGK yang dikeluarkan pada Selasa (31/7), pada level confidence 70 persen sebaran titik panas hanya 24 titik. Namun hari ini jumlah titik panas bertambah banyak mencapai 82 titik panas.

"Untuk jarak pandang di Pekanbaru 4 Km. Kondisi udara kabur," kata Analisis BMKG, Sanya Gautami kepada wartawan.

Walau demikian, BMKG Pekanbaru tidak serta merta bahwa kondisi udara di Pekanbaru diselimuti asap Karhutla.

"Di Bandara berdasarkan data suhu dan relative humidity (kelembaban udara) bisa dikatakan smoke. Jadi ada standar saat melaporkan weatther. Ada kreteria tertentu yang harus diperhatikan oleh observasi," kata Sanya.


Tulis Komentar