Nasional

Karhutla di Aceh Barat Padam, Heli Water Bombing Digeser ke Riau

Pemadaman karhutla di Aceh Barat.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek memastikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Aceh Barat sudah padam total. Helikopter water bombing kini diperintahkan bergerak ke Riau.

"Helikopter hari ini digeser ke Riau. Karhutla di Riau sudah sangat parah sampai hewan dan hutan konservasi terbakar," kata Dadek kepada wartawan, Rabu (14/8/2019).

Menurut Dadek, kawasan Aceh Barat pagi tadi juga diguyur hujan. Dadek memastikan Karhutla di Aceh Barat sudah selesai.

Sementara terkait keberadaan helikopter water bombing, Dadek sudah meminta kepada bupati Aceh Barat agar helikopter dapat bergeser. "Jika masih dibutuhkan nanti di Aceh dapat digeser cepat dari Riau yang hanya butuh waktu 3 jam perjalanan," jelas Dadek.

Loading...

Seperti diketahui, kebakaran lahan gambut seluas 69,8 hektare di Aceh Barat, Aceh padam setelah kawasan itu diguyur hujan dan disiram pakai helikopter water bombing.

"Pemadaman juga dibantu helikopter yang datang sejak tanggal 8 Agustus, dan mereka sudah menjatuhkan air sekitar 500 ton lebih untuk pemadaman," kata Dadek kepada wartawan, Selasa (13/8).

"Untuk lahan yang terbakar di Aceh Barat yaitu 3 Juli sampai 17 Juli 2019 seluas 70 hektare. Tanggal 26 Juli sampai saat ini 69.8 hektare. Total kebakaran lahan di 13 kabupaten sejak 1 Agustus seluas 185,4 ha," tuturnya


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar