Nasional

Jokowi Kunjungi Pulau Samosir dan Hadiri Karnaval Danau Toba

Persiapan Presiden ke Samosir
Gilangnews.com - Setelah serangkaian kunjungan ke Nias, Sibolga dan Tapanuli Utara, hari ketiga Presiden Joko Widodo di Sumatera Utara akan diisi dengan kunjungan ke Pulau Samosir dan menghadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba.
 
Informasi dari Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin Minggu (21/8/2016), Presiden Jokowi dan rombongan pagi ini akan berlayar dengan speedboat dari Parapat, Simalungun ke Pelabuhan Tomok, Pulau Samosir, Kab Samosir.
 
Di sana, Presiden beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan meninjau pengembangan potensi wisata di Pulau Samosir. Selain itu, Presiden juga akan melakukan penanaman pohon bersama dengan masyarakat setempat.
 
Setelah itu, Presiden dan rombongan akan kembali lepas sauh untuk kembali ke Parapat Kabupaten Simalungun. Siang harinya, Presiden dan Ibu Iriana akan menuju Toba Samosir dengan menggunakan kendaraan mobil.
 
Presiden akan menghadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang masih kelanjutan dari acara karnaval malam tadi berupa panggung apung di Pantai Bebas Toba Parapat.
 
Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba ini sendiri digelar dalam rangka mempromosikan pariwisata Danau Toba ke seluruh dunia serta memperingati perayaan HUT RI ke-71. Rangkaian acara tersebut akan diikuti oleh 26 provinsi, 7 kabupaten di sekitar Toba, 8 sub-etnik, dan berbagai komunitas budaya. 
 
Dalam acara tersebut, Presiden dan Ibu Iriana direncanakan untuk hadir dengan mengenakan pakaian adat Batak. Karnaval yang akan diikuti lebih dari empat ribu orang ini akan mengambil rute sejauh kurang lebih 3,5 kilometer yang akan dimeriahkan dengan berbagai acara hiburan menarik.
 
Sejumlah anggota Kabinet Kerja yang direncanakan untuk turut hadir dalam acara tersebut di antaranya Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.
 
[P]
 
Sumber Detik.com


Tulis Komentar