Riau

3 Hari Masuk ke Kolam Ikan Warga di Kampar, Buaya Senyulong Dievakuasi

Buaya yang masuk ke kolam rumah warga.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mengevakuasi buaya yang masuk kolam ikan warga. Proses evakuasi sempat mengalami hambatan.

"Buaya sinyulong (Tomistoma schlegelii) masuk di kolam ikan warga di Desa Sei Paku Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar," kata Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Riau, Hansen Siregar kepada wartawan, Kamis (22/8/2019).

Hansen menjelaskan awalnya pemilik kolam, Syafrizal melihat ada buaya masuk pada Minggu (18/8). Buaya tersebut panjangnya 1.5 meter.

"Pemilik kolam lantas menghubungi kita untuk meminta bantuan mengevakuasi buaya dari kolamnya," kata Hansen.

Loading...

Tim BBKSDS Riau yang berjumlah 4 orang lalu menuju ke lokasi keesokan harinya. Dibantu warga setempat, tim berusaha untuk menangkap buaya itu.

"Namun kita terkendala karena luas kolam mencapai 100 m x 100 meter dengan kedalaman 2 meter. Buaya sangat sulit ditangkap," ujarnya.

Proses penangkapan pun akhirnya butuh waktu selama tiga hari. Pada Rabu (21/8) pukul 18.30 WIB, buaya berhasil ditangkap dengan jaring besar. Sekitar pukul 20.15 WIB buaya berhasil dikeluarkan dari kolam.

"Buaya tersebut hari ini kita lepas ke habitatnya di Sungai Singingi Desa Tanjung Pauh Kecamatan Singingi Hilir Kabupaten Kuansing," kata Hansen.

Buaya itu diperkirakan berasal dari sungai yang ada di desa tersebut. Menurut keterangan pemilik kolam, sungai yang tak jauh dari kolam ikan itu sering muncul buaya.

"Jadi kita perkirakan buaya tersebut berasal dari sungai yang berdekatan dengan kolam tersebut," tutur Hansen.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar