Nasional

Bantu Pemadaman Api, Satgas Karhutla Riau Kirim 1 Helikopter ke Jambi

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) mengirimkan satu helikoper ke wilayah Jambi untuk membantu proses pemadaman kebakaran hutla. Saat ini, titik api di Riau sudah menurun, tetapi mendapatkan 'kiriman' asap dari Jambi.

"Jumlah titik api di Riau sudah jauh berkurang. Namun, asap tetap saja menyelimuti. Ini karena bagian asap kiriman dari Sumsel dan Jambi masuk Riau. Makanya kita hari ini mengirimkan bantuan dari heli jenis Kamov milik BNPB ke Jambi," kata Wadan Satgas Karhutla, Edwar Sanger, Selasa (27/8/2019).

Edwar menjelaskan helikopter Kamov diberangkatkan hari ini sekitar pukul 10.00 WIB ke Jambi. Heli akan membantu tim pemadaman kebakaran hutla yang saat ini terjadi wilayah Jambi.

"BPBD Jambi menghubungi kita untuk minta perbantuan heli guna pemadaman karhutla. Karena kondisi di tempat kita sudah jauh berkurang, atas koordinasi BNPB heli diizinkan satu unit untuk membantu di Jambi," kata Edwar.

Dia berharap tim di Jambi dapat segera melakukan pemadaman api di hutla. Edwar mengatakan upaya bantuan dari Riau ini merupakan wujud komitmen tim satgas menuntaskan karhutla.

"Kalau Karhutla di Jambi dan Sumsel tidak teratasi, Riau masih saja terselimuti asap. Karena udara dari selatan menuju ke utara. Asap karhutla Sumsel dan Jambi masuk Riau," ujarnya.


Tulis Komentar