Riau

Anggota DPRD Kampar Dilantik, Fikri Serahkan Palu Sidang Kepada Ketua DPRD Sementara

Loading...

GILANGNEWS.COM - Suasana haru tidak hanya terjadi saat rapat paripurna DPRD Kabupaten Kampar dengan agenda pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kabupaten Kampar, Senin (26/8/2019) malam namun juga pada saat Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kampar 2019-2024 yang digelar, Selasa (27/8/2019) pagi.

Suasana ini dipicu saat Ketua DPRD Kabupaten Kampar masa jabatan 2014-2019 Ahmad Fikri yang sedang memimpin rapat paripurna akan segera menyerahkan palu sidang dan buku memori tugas kepada ketua DPRD Kabupaten Kampar sementara masa jabatan 2019-2024 Muhammad Faisal.

Fikri pada kesempatan ini mohon pamit bahwa ia akan mengakhiri tugasnya sebagai wakil rakyat. Masa jabatan 2014-2019 adalah periode ketiga ia duduk sebagai wakil rakyat dari Golkar dan pada pemilihan legislatif 2019 lalu ia yang maju sebagai Caleg DPRD Riau gagal mendapatkan kursi.

Ia menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh elemen dan masyarakat Kampar jika belum maksimal dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat dan sekaligus ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak termasuk insan pers. Menurutnya, tanpa insan pers, informasi pembangunan tak akan sampai kepada masyarakat.

Loading...

Suara Fikri terdengar terbata-bata dan sesekali ia sesegukan menahan tangis dan sambil mengusap matanya. Ia berupaya menahan kesedihannya sambil meminum segelas air di hadapannya. Suasana ruang paripurna berkapasitas 460 tempat duduk itu terdengar hening.

Ketua DPD Partai Golkar Kampar ini mengatakan, di masa jabatan 2014-2019 ini DPRD Kampar telah menggagas dan mengesahkan beberapa Peraturan Daerah Insiatif diantaranya Perda Perubahan Nama Kecamatan Kampar Timur menjadi Kecamatan Kampa, Perda Penyelenggaraan Olahraga, Perlindungan Perempuan, Disabilitas, Lansia, Perlindungan Anak, Pencegahan Narkotika dan Zat Adiktif lainnya.

Sementara Ranperda Inisiatif lainnya yang belum rampung dan diharapkannya diselesaikan oleh DPRD periode terbaru adalah Perda Insiatif tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Dari pantauan, Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kampar 2019-2024 berjalan khidmat. Keluarga maupun pendukung anggota DPRD Kampar terpilih terlihat antusias. Sebuah tenda berukuran besar di depan gedung DPRD Kampar juga terlihat penuh.

Acara prosesi pelantikan diantaranya dimulai dari pembacaan ayat suci Al Qur'an, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, pembukaan rapat paripurna oleh Ketua DPRD Kabupaten Kampar masa jabatan 2014-2019 Ahmad Fikri. Dilanjutkan pengucapan sumpah janji anggota DPRD Kabupaten Kampar masa jabatan 2019-2024 yang didahului oleh pembacaan surat keputusan Gubernur Riau oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Kampar Ramlah, pengambilan sumpah janji anggota DPRD Kabupaten Kampar masa jabatan 2019-2024 oleh Ketua Pengadilan Negeri Bangkinang Unggul Tri Esthi Muljono.

Kemudian penandatanganan berita acara, penyematan pin dan penyerahan sk oleh Ketua PN Bangkinang, pengumuman pimpinan sementara DPRD Kampar oleh Sekretaris DPRD Kampar, serah terima pimpinan dewan kepada pimpinan sementara, penyerahan palu pimpinan dan buku memori tugas dari pimpinan masa jabatan 2014-2019 Ahmad Fikri kepada pimpinan DPRD Kampar Sementara Muhammad Faisal dan Juswari Umar Said dan sambutan Gubernur Riau yang dibacakan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto.

Dari 45 Anggota DPRD Kabupaten Kampar yang dilantik, ada satu orang yang tidak dilantik yakni Morlan Simanjuntak dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Daerah Pemilihan Kampar V Kecamatan Siak Hulu-Perhentian Raja karena sedang menjalani proses hukum akibat kasus pidana pencurian beberapa tahun lalu dan baru menjalani masa hukuman.

Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kampar 2019-2024 dihadiri Gubernur Riau yang diwakili Kepala Biro Tata Pemerintahan Sudarman, Anggota DPRD Riau Ramos Tedy Sianturi, Ketua DPRD Kabupaten Padang Lawas, Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar, mewakili Wako Pekanbaru Ahmad Ismail.

Selain itu tampak sejumlah tokoh diantaranya mantan Wabup Kampar Teguh Sahono, mantan Sekda Kampar Zulher, mantan Calon Bupati Kampar 2017 Rahmat Jevary Juniardo, Calon Bupati Kampar 2017 Muhammad Amin dan lainnya.
Dari 45 Anggota DPRD Kabupaten Kampar masa jabatan 2019-2024, 23 orang merupakan wajah lama atau incumbent. Kemudian 18 orang benar-benar baru atau belum pernah duduk sebagai anggota DPRD Kampar. Kemudian empat orang merupakan orang baru wajah lama Januar Rambo, Jadinya Tarmizi, Ali Sobirin dan Wilson Siregar.

Menariknya, nama terakhir Wilson Siregar kembali duduk di periode ini menggantikan sang istri Arnauli Hutajulu. Wilson pernah menjadi anggota pada periode 2009-2014 PDK.

Hal menarik lainnya dari pelantikan hari ini, hanya empat orang anggota DPRD Kabupaten Kampar masa bakti 2014-2019 yang tidak lagi duduk di legislatif namun terlihat tegar dan gentleman hadir pada pelantikan dewan masa bakti 2019-2024. Mereka adalah Ketua DPRD Ahmad Fikri (Golkar), Suharmi Hasan/PKB (gagal melangkah ke DPRD Riau), Ramadhan/PAN (gagal duduk kembali dari Dapil Serantau Kampar Kiri). Sementara Arnauli Hutajulu (Gerindra) tidak maju lagi pada Pileg 2019.

Sedangkan dua mantan anggota DPRD Kabupaten Kampar masa bakti 2014-2019 yang tidak lagi duduk di DPRD Kampar namun berhasil melangkah ke DPR RI adalah H Syahrul Aidi Maazat (PKS) dan H Sahidin (PAN) berhasil masuk menjadi anggota DPRD Riau.

Sedangkan 44 orang anggota DPRD Kabupaten Kampar yang hadir pada pengucapan sumpah janji dan pelantikan pada hari ini dari masing-masing daerah pemilihan yakni:

Dapil Kampar I 
Partai Gerindra Zumrotun, S.Sos,
PDIP :Rofii Siregar, S.Sos,
Partai Golkar: Agus Candra, SIP, 
Partai Nasdem: H Muhammad Kasru Syam,
PKS: Fahmil,SE dan Drs H Syafrizal Azis,
PPP: Said Abdullah, 
PAN: Diski, 
Partai Demokrat: H Juswari Umar Said SH,MH, 
PKPI: Kardinal, SE,MM.

Dapil Kampar II 
Partai Gerindra : Wilson Siregar, 
PDIP: Hanafiah, 
Partai Golkar : Ramlan, 
Partai Nasdem: Mahmud Zainuri,S.Kom, 
PKS: Syafrizal,SE, 
PPP: Jasnita Tarmizi, 
PAN: Muhammad Rizal Rambe 
Partai Demokrat: Sunardi DS.

Dapil Kampar III 
Partai Gerindra : Rahayu Sri Mulyani, Amd, Keb, 
PDIP : Maju Marpaung,SH, 
Partai Golkar: Harsono,
Partai Nasdem: Bambang Hermanto,SH 
PAN: Muhammad Warid.

Dapil Kampar IV 
Partai Gerindra: Muhammad Faisal,ST, 
Partai Golkar : Syafi'i, 
Partai Nasdem : Anasril, 
Partai Nasdem: Afrinaldi,SH, 
PKS: Zalka Putra, PPP: H Syafrudin, 
PAN: Zulfan Azmi,ST,MT, 
Partai Hanura: H Yuli Akmal, 
Partai Demokrat: Neflizal, MM 
Partai Demokrat: Haswinda, S.Ag.

Dapil Kampar V 
Partai Gerindra: Jamaan, 
Partai Golkar: Iib Nursaleh,SKom, 
PKS: Ali Sobirin, SAg, 
PPP: Muhammad Anshor, S.Ag, MPd 
Partai Demokrat: Tony Hidayat.

Dapil Kampar VI 
PKB: Sukardi, SP, 
Partai Gerindra; Jamris SH,MH, 
Partai Golkar: Repol,SAg, 
PPP: Habiburrahman, SAg, MPd, 
PAN: H Januar,SH 
Partai Demokrat: Haidanan Jupen


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar