Nasional

Massa Papua Menari di Tengah Kepulan Asap di Seberang Istana

Mahasiswa Papua yang berunjuk rasa di seberang Istana Merdeka bernyanyi dan menari seraya mengibarkan bendera Bintang Kejora

GILANGNEWS.COM - Massa dari mahasiswa Papua mengibarkan bendera Bintang Kejora seraya bernyanyi dan menari berputar-putar di depan Istana Merdeka, Jakarta. Kepulan asap dari ban bekas yang dibakar mewarnai aksi mereka.

Pantauan media, puluhan mahasiswa Papua berunjuk rasa menuntut sejumlah hal kepada pemerintah. Mulanya mereka menggelar aksi di depan Mabes AD, lalu dilanjut di depan Istana.

Aparat yang berjaga mulanya melarang Bendera Bintang Kejora dikibarkan di seberang Istana. Massa hanya boleh mengibarkan itu depan Mabes AD.

Akan tetapi, massa ngotot dan berdebat alot dengan aparat. Mere ka ingin bendera Bintang Kejora boleh dikibarkan di depan Istana. Massa terlihat bersorak dan memaksa agar tetap bisa mengibarkan bendera Bintang Kejora di depan Istana.

Negosiasi alot antara aparat dengan perwakilan massa sempat terjadi. Sejumlah mahasiswa juga tampak memaksa mobil komando untuk terus melaju menuju Istana Merdeka.

Aparat Kepolisian akhirnya memberi jalan usai berdebat dengan massa. Mereka mengizinkan puluhan mahasiswa Papua itu menuju depan Istana dengan mengibarkan bendera Bintang Kejora.

Orator, dari atas mobil komando, lalu menyuarakan aspirasi massa. Mereka mengecam pengepungan asrama mahasiswa Papua di Surabaya, Malang, dan Semarang.

Massa mengutuk pelaku yang melakukan tindakan pemukulan berujung penangkapan di Ternate dan Ambon. Selain itu, massa juga menuntut rasialisme terhadap masyarakat Papua dihentikan.

Dalam pernyataan resmi, massa menolak perpanjang Otonomi Khusus di Papua.  Lebih baik melaksanakan referendum untuk menentukan nasibnya sendiri. Mereka juga meminta Presiden Jokowi menemui massa yang berunjuk rasa.

Hingga berita ini diturunkan, massa terpantau masih menari dengan diiringi lagu perjuangan gerakan Papua merdeka. Asap hitam dari ban bekas yang dibakar juga masih membubung di langit sekitar Istana Merdeka.

Aparat tidak memadamkan api dari ban yang dibakar. Walhasil, asap masih terus mengepul. Orator juga masih terus meneriakkan aspirasi dari atas mobil komando.

Pada pekan lalu, puluhan mahasiswa Papua juga menggelar unjuk rasa di Papua. Kala itu, mereka pun mengibarkan bendera Bintang Kejora.

Mahasiswa menuntut agar oknum yang melontarkan pernyataan rasialisme kepada mahasiswa Papua di Surabaya agar diusut tuntas.


Tulis Komentar