• Follow Us On : 

2 Pelaku mutilasi tewas Ditembak, 4 lainnya dibekuk polres Paser


Dibaca: 1010 kali 
Senin,22 Agustus 2016 - 09:35:19 WIB
2 Pelaku mutilasi tewas Ditembak, 4 lainnya dibekuk polres Paser 7 Komplotan Pencuri Mobil ditembak
Gilangnews.com - Personel gabungan Polres Paser dan Polda Kalimantan Timur menembak dua pelaku pembunuhan disertai mutilasi. Keduanya tewas usai diterjang timah panas polisi, sedangkan 4 pelaku lain diamankan.
 
"Dua pelaku pembunuhan disertai mutilasi tewas setelah sempat terjadi kontak senjata dengan polisi," ujar Kepala Bagian Operasional Polres Paser Komisaris Rio Cahyowidi, Senin (22/8).
 
Ke empat empat pelaku yang diringkus pada operasi perburuan pelaku pembunuhan disertai mutilasi adalah RB, SR, AD dan SI. Sementara, dua pelaku yang tewas yakni AD dan SI.
 
Pada penyergapan yang berlangsung di Desa Pinang Jatus Kecamatan Long Kali itu, lanjut Rio Cahyowidi, satu pelaku berinisial NR, berhasil melarikan diri.
 
"Kami terpaksa menembak pelaku karena melawan saat akan ditangkap. Satu dari empat pelaku yang berhasil diringkus yakni SR, terkena peluru saat baku tembak dan saat ini menjalani perawatan di rumah sakit. Sementara saat penyergapan, seorang pelaku berinisial NR, berhasil melarikan diri," kata Rio Cahyowidi.
 
Dari operasi perburuan yang juga melibatkan personel Polda Kaltim dan Brimob tersebut, petugas mengamankan barang bukti berupa, dua buah senjata api rakitan, enam buah parang, dua pisau raut serta dua buah senter.
 
Operasi perburuan para pelaku pembunuhan disertai mutilasi itu, kata Rio Cahyowidi, bermula dari adanya informasi yang diterima Polres Paser terkait keberadaan para pelaku yang sudah delapan bulan menjadi target operasi. Sehari sebelum penangkapan itu terjadi, lanjut Rio Cahyowidi, Polres Paser menerima informasi bahwa para pelaku berada di lokasi kejadian.
 
Mendapat informasi tersebut Polres Paser, lanjut dia, langsung berkoordinasi dengan Polda Kaltim dan selanjutnya membentuk tim gabungan yang berjumlah 35 personel.
 
"Pada Jumat (19/8), kami mendapat informasi yang akurat, lalu Kapolres dan Direktur Krimum Polda Kaltim membentuk tim," jelas Rio Cahyowidi.
 
Pada Sabtu (22/8) sekitar pukul 02.00 Wita, tim gabungan lanjutnya, tiba di Desa Pinang jatus, yang diperkirakan sebagai lokasi persembunyian para pelaku di sebuah pondok di dalam hutan. Di lokasi itu, tim kemudian menangkap SR,AD, IR, dan NR.
 
Saat penangkapan itulah NR berasil kabur, sementara IR berhasil ditangkap di rumahnya.
 
Satu jam kemudian atau sekitar pukul 03.00 Wita, tim gabungan melanjutkan perburuan dan berhasil menangkap SI yang akhirnya tewas setelah sempat baku tembak dengan polisi.
 
Perburuan pelaku pembunuhan disertai mutilasi itu, kata Rio Cahyowidi, melibatkan personel dalam jumlah banyak karena menyesuaikan dengan kondisi daerah dan potensi ancaman bagi petugas.
 
"Luasnya daerah yang menjadi target operasi, sehingga membutuhkan jumlah personel yang besar dan ini sangat terukur, sesuai dengan ancaman, beratnya medan serta luasnya daerah yang menjadi persembunyian para pelaku," kata Rio Cahyowidi.
 
Kepada pelaku NR yang meloloskan diri, polisi meminta pelaku untuk segera menyerahkan diri.
 
Kasus pembunuhan disertai mutilasi tersebut berlangsung pada Januari 2016 di Desa Pinang Jatus. Korban berinisial DA (58) yang merupakan penjaga kebun tersebut yang ditemukan tewas dengan kondisi mengenaskan.
 
[P]
 
Sumber Merdeka.com
Editor :
Sumber :
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :