Riau

Imbas Karhutla, Gajah Liar Jantan Keluar dari Taman Nasional di Riau

Gajah jantan gading keluar dari hutan.

GILANGNEWS.COM - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mengakui adanya gajah liar keluar dari Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN). Salah satu yang tinggalkan habitatnya gajah jantan dengan gading 25 cm.

"Dari hasil pemantauan di lokasi, ada seekor gajah jantan dewasa dengan gadingnya panjang 25 cm. Prediksi kami gajah ini dari TNTN," kata Kepada Bidang Wilayah I BBKSDA Riau, Hansen Siregar kepada wartawan, Jumat (30/8/2019).

Menurut Hansen, saat ini ada 2 gajah liar dari TNTN berada di Desa Bongkal Malang, Kecamatan Kelayan, Kabupaten Inhu. Diperkirakan dua ekor gajah ini masuk perkebunan sawit pada 28 Agutus lalu.


"Gajah liar ini keluar dari habitatnya di TNTN diindikasikan akibat terjadinya kebakaran lahan di beberapa tempat di sekitar habitatnya," kata Hansen.

Dengan adanya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), kata Hansen, gajah-gajah liar tersebut mencari tempat untuk menghindari kepungan asap.

"Kami juga mendapatkan laporan kemunculan gajah lainnya di Kecamatan Cerenti di Kabupaten Kuansing. Gajah yang masuk ke sana juga dari TNTN," kata Hansen.


Pihak BBKSDA Riau kini bersama LSM lingkungan melakukan pemantauan di lokasi. Namun kendalanya kekurangan tenaga dalam rangka penggiringan gajah liar untuk kembali ke TNTN.

"Karena petugas kita saat ini juga fokus melakukan pengendalian pemadaman kebakaran kahan yang berada di sekitar kawasan konservasi yang kami kelola," tutup Hansen.


Tulis Komentar