Riau

Jarak Pandang 1 Kilometer, Bandara SSK II Sebut Penerbangan Masih Aman

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Kabut asap di Kota Pekanbaru hari ini sangat pekat. Bahkan menurut data BMKG, jarak pandang menurun menjadi 1 kilometer. Meski demikian, pihak Bandara SSK II Kota Pekanbaru mengklaim penerbangan hingga saat ini masih normal dan tidak ada gangguan sama sekali.

"Dapat kami sampaikan sampai dengan pukul 08.27 WIB penerbangan masih normal. Pukul 08.23 Batik Air take off ke Jakarta," ujar Executive General Manager (EGM) Bandara SSK II Pekanbaru Yogi Prasetyo, Selasa (10/9/2019).

Ia mengatakan pagi tadi sudah 2 pesawat yang landing yaitu Citilink dan Batik. "Sejauh ini masih normal kok," cakapnya.

Lebih lanjut Yogi mengatakan, saat ini Bandara SSK II Pekanbaru sudah memiliki alat yang disebut Instrument Landing System (ILS). "Allhamdulillah saat ini Bandara SSK II memiliki alat ILS sehingga untuk jarak pandang 800 - 1000 meter masih aman," pungkasnya.

Loading...

Sebagai informasi, ILS adalah sistem pemandu pendaratan pesawat dengan menggunakan instrument elektronika. Sistem ini membantu pesawat udara untuk mendarat tepat pada centre line (garis tengah) runway dan dengan sudut pendaratan yang tepat.

Pemanduan dilakukan agar pilot mengetahui jarak pesawat terhadap area pendaratan pada runway. Pemanduan dilakukan untuk mengatur posisi kanan kiri (center line) pesawat, sehingga dapat landing dengan tepat di garis tengah landasan.

Pemanduan dilakukan juga untuk mengatur posisi atas bawah pesawat, sehingga dapat landing dengan tepat pada sudut ± 3° terhadap landasan. ILS terdiri dari 3 komponen peralatan berdasarkan fungsi pemanduannya yaitu Marker Beacon, Localizer, dan Glide Slope.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar