Riau

Gubernur Riau Syamsuar ke Thailand Saat Kabut Asap Ancam Masyarakat, Ini Kata Dewan Baru Dilantik

Muhammad Adil

GILANGNEWS.COM - Anggota DPRD Riau yang baru dilantik pekan lalu menyayangkan bencana asap masih terjadi dan mengancam kesehatan masyarakat.

Padahal ini seharusnya bisa dilakukan upaya antisipasi karena sudah menjadi kejadian yang rutinitas di Riau.

Hal ini dikatakan anggota DPRD Riau dari Meranti Muhammad Adil, menurutnya pemerintah masih lambat dalam bergerak melakukan antisipasi dan pencegahan sebelum karhutla.

Terkait keberangkatan Gubernur Riau yang juga sebagai komandan Satgas Karhutla Riau Syamsuar ke Thailand disaat bencana asap di Riau makin parah, menurut Adil tidak masalah selagi anggotanya bekerja maksimal.

"Tidak menjadi masalah kalau soal keberangkatan. Namun Pak Gubernur itu punya Wagub dan Kadis. Meskipun berangkat namun harus jalan," ujar Adil saat dikonfirmasi

Cuma yang menjadi masalahnya itu kata Adil pemerintah masih lambat bergerak, dan masih terlalu berharap dengan pusat, padahal ini menyangkut nyawa orang.

"Seharusnya bekerja cepat. Jangan harap pusat dulu turun yang punya warga kan kita daerah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota," ujarnya.

Padahal lanjut Adil yang juga politisi PKB ini bencana karhutla ini sudah menjadi pekerjaan rutin setiap tahun bagi daerah di Riau. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak siap.

"Tidak perlu diberi tahu lagi, ini sudah kebiasaan dan sudah paham sekua di daerah apa langkah yang harus dilakukan,"jelas Adil.


Tulis Komentar