Legislator

Fraksi PAN Kunjungi Diskes Pekanbaru, Ini Permintaan Mereka

 GILANGNEWS.COM - Fraksi PAN DPRD Kota Pekanbaru melakukan kunjungan ke Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, kunjungan dipimpin langsung Ir Nofrizal MM selaku ketua DPD Partai PAN dan juga unsur pimpinan DPRD Kota Pekanbaru dan semua aggota DPRD dari Fraksi PAN DPRD Kota Pekanbaru, Arwinda Gusmalina, Irman Sasrianto, Indra Sukma, Doni Saputra termasuk Roni Pasla, ke Dinas Kesehatan yang diterima langsung Plt Kepala Dinkes Muhammad Amin serta staf Dinkes, Rabu (11/9).

Ditegaskan Anggota DPRD Kota Pekanbaru Roni Pasla, agar Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk fokus saja kepada penanganan dampak dari bencana asap yang terjadi sejak dua bulan terakhir ini.

Karena menurut Roni, tidak kewenangan Pemko untuk padamkan api itu. Karena itu sudah ada yang berwenang, seperti Pemerintah Provinsi Riau melalui Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) dan juga ada Tim Satgas yang dibentuk, BNNP Pusat, tinggal bagaimana berkomunikasi saja minta bantuan.

"Fokus saja pada penanganan dampak asap," kata Roni Paslah.

Namun demikian disarankan Roni lagi, yang terpenting adalah lakukan sosialisasi kesemua kalangan masyarakat, tidak hanya di sekolah-sekolah, akan tetapi fokus ke masyarakat yang berdomisili di pinggiran kota Pekanbaru.

"Sosialisasi ini harus lebih maksimal. Dan saat ini sosialisasi terasa sangat kurang, nyatanya masih sibuk masyarakat kita dengan berkegiatan diluar tanpa rasa takut," ujarnya lagi.

Politisi PAN ini juga menyarankan agar setiap puskesmas disediakan oksigen. Dan Puskesmas harus siap melayani masyarakat saat dibutuhkan, apalagi saat ini bencana asap.

"Harus sediakan oksigen khususnya didaerah perbatasan. Begitu juga soal status, dan PAN melalui organisasi sayapnya, BM PAN siap membantu Pemerintah dalam upaya penanganan dampak asap," tuturnya.

Menanggapi masukan dari Fraksi PAN ini, Plt Kepala Dinas Kesehatan Muhammad Amin menegaskan, dan sangat mengapresiasi masukan-masukan yang diberikan. 

"Kita memang fokus soal penanganan dampak saat ini. Dan soal oksigen kita juga sudah siapkan disetiap puskemas," kata Amin.

Dengan kehadiran anggota DPRD Kota Pekanbaru Fraksi PAN ini, Plt Kepala Dinas Kesehatan juga berharap dukungan untuk meningkatkan anggaran di Dinas Kesehatan dalam penanganan dampak asap ini.

"Dari Pemko memang sudah siapkan posko disetiap Puskesmas untuk dapat melayani keluhan, namun karena sifatnya lanjutan maka dukungan anggaran pun sangat di perlukan," paparnya.***


Tulis Komentar