Riau

Imbas Kabut Asap Karhutla, Langit di Pekanbaru Tampak Mendung

Kabut asap di Pekanbaru makin pekat.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Asap pekat imbas kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kondisinya semakin parah di Pekanbaru, Riau. Hari ini kondisi udara tampak mendung dan menguning akibat kabut asap yang pekat.

Suasana kota Pekanbaru hari ini, Kamis (12/9/2019), kondisi kepungan asap Karhutla semakin parah. Jarak pandang sebelumnya tembus 1 Km, hari ini di sejumlah tempat hanya tembus 300 meter.

Tidak hanya jarak pandang yang semakin pendek. Kabut asap yang pekat membuat kondisi langit menguning. Partikel debu Karhutla semakin yang kian pekat membuat kondisi tampak menguning.

Kondisi udara tampak menguning ini, akan semakin jelas bila diambil lewat kamera. Tebalnya kabut asap, aktivitas warga di luar ruangan tampak mengenakan masker.

Loading...

"Udara kita semakin memburuk, langit tampak menguning. Kita keluar ruangan terpaksa menggunakan masker," keluh Hadi Ismail (45) warga Pekanbaru kepada wartawan.

Kondisi asap ini juga sudah membuat aktivitas proses belajar mengajar lumpuh di Pekanbaru. Tak hanya setingkat TK,SD SMP yang diliburkan. Dinas Pendidikan Pemprov Riau juga meliburkan seluruh SMA sederajat baik status negeri dan swasta.

Warga Pekanbaru tak bisa berbuat banyak atas kondisi asap yang kian membuat kualitas udara terus memburuk. Di tengah kabut asap ini, warga tetap beraktivitas dengan ancaman rentan terserang penyakit ISPA.

"Saya rasanya pengen mengungsikan anak-anak ke tempat neneknya di Sumut. Sebab, anak-anak saya sempat sakit sepekan yang lalu karena ISPA," kata M Hafis salah seorang warga lainnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar