Riau

Bupati Bengkalis Minta Dinkes Buka Posko Dampak Karhutla

Bupati Bengkalis Amril Mukminin

GILANGNEWS.COM - Sejak beberapa hari terakhir kondisi kabut asap di provinsi Riau, termasuk di Kabupaten Bengkalis, semakin pekat. Kian membahayakan kesehatan. Malah sudah masuk pada level berbahaya.

Menyikapi kondisi tersebut, Bupati Bengkalis Amril Mukminin menginstruksikan Kepala Dinas Kadis Kesehatan (Kadiskes) kabupaten Bengkalis untuk segera membuka Posko kesehatan dampak kabut asap. Baik itu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas maupun di Puskesmas Pembantu (Pustu).

“Kami sudah instruksikan Kadis Kesehatan agar segera membuka Posko kesehatan dampak kabut asap di sarana pelayanan kesehatan (Yankes), baik di UPT Puskesmas maupun Pustu," jelas Bupati Amril Mukminin disampaikan Kadis Kominfotik Johansyah Syafri.

Bupati Amril Mukminin meminta Kadiskes menyiapkan satu ruangan yang refresentatif di setiap Posko kesehatan. Baik dari aspek tempat, peralatan dan tenaga medis untuk menangani pasien khusus dampak kabut asap.

"Untuk ruangan yang ber-AC, kami disarankan agar dapat menutup lubang jendela dengan kain yang senantiasa basah, supaya partikel asap tidak masuk ke dalam ruangan," sarannya.

Seluruh Camat di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini diminta berkoordinasi dengan pihak terkait, agar Posko kesehatan di setiap Yankes terbentuk.

“Serta melakukan tindakan-tindakan lain dengan cepat yang diperlukan untuk mengatasi dampak kabut asap. Seluruh Camat tidak boleh meninggalkan tempat, kecuali atas izin pimpinan atau untuk hal-hal yang memang tidak bisa diwakilkan," tegasnya.

Di bagian lain, mantan Kepala Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir ini kembali mengingatkan warganya untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Kemudian, Bupati Amril Mukminin juga mengharapkan kesadaran warganya untuk menggunakan masker saat berada di luar ruangan.

“Sebab, kondisi di lapangan masih banyak kita lihat masyarakat yang tidak menggunakan masker," cakapnya.

Selain itu, kepada seluruh Perangkat Daerah terkait, Bupati Amril Mukminin juga mengintruksikan, jika memiliki persediaan masker, agar segera membagikan kepada masyarakat.


Tulis Komentar