Riau

Nekat Balapan di Tengah Kabut Asap, Mata Pembalap TDSi 2019 Perih dan Berair

Tour De Siak 2019 di tengah kabut asap.

GILANGNEWS.COM - Dengan alasan kesehatan dan keselamatan para pebalap, Race Director TDSi 2019 Sondi Sampurno memutuskan laga balap sepeda pada Etape III dibatalkan. Padahal sebelumnya kondisi udara sama buruknya dengan hari ini, Sabtu (21/9/2019) akibat kabut asap.

"Karena pertimbangan kesehatan dan keselamatan maka saya ambil keputusan membatalkan TDSi di Etape III. Tadi juga ada juga pebalap yang matanya perih dan berair dengan kondisinya yang cukup berat akibat kabut asap. Maka kami juga membatalkan race kali ini," cakap Sondi Sampurno, Sabtu (21/09/2019).

Ia mengatakan, kalau besok Ahad (22/9/2019) cuaca cukup baik, maka akan diadakan etape ke empat.

"Dalam perlombaan hal ini adalah biasa. Apabila ada petir, banjir dan hujan besar maka perlombaan bisa dibatalkan. Dan masalah point juga tidak akan ada pengaruhnya, karena juaranya akan diambil dari etape I, II dan IV. Dan akan tetap ada juara TdSi 2019. Ini juga sudah kita laporkan ke UCI," katanya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana TdSi 2019, Fauzi Asli, mengatakan bahwa kondisi seperti ini sebenarnya tidak diinginkan.

"Kita sebenarnya, melihat kondisi udara pada Jumat(20/09/2019) cukup cerah. Makanya hasil dari rapat kita kemarin malam, etape III kita laksanakan pagi hari. Namun ternyata kabut asap lebih tebal dari hari-hari sebelumnya. Pembatalan juga sesuai permintaan dari Chief Official, mengingat kesehatan dari para pebalap, " cakap Fauzi Asni dihadapan awak media.

Terkait etape IV, ia mengatakan kalau akan dirapatkan kembali mengenai pelaksanaan dan waktunya.

"Kita lihat nanti, yang jelas kita akan kembali rapat. Semoga besok udara dan kabut asap tidak akan tebal," katanya.


Tulis Komentar