Riau

Kualitas Udara di Pekanbaru Berbahaya, Jarak Pandang di Inhu dan Pelalawan 300 Meter

Kota Pekanbaru diselubungi kabut asap.

GILANGNEWS.COM - Kabut asap di Kota Pekanbaru kian parah, Senin (23/9/2019). Langit masih tampak putih pekat. Begitu juga bau kebakaran juga tercium saat menghirup udara. Sementara kualitas udaranya sendiri tembus ke level berbahaya.

Menurut data yang dirilis BMKG melalui website resminya di bmkg.go.id, angka partikulat konsentrasi PM10 di Kota Pekanbaru pagi berada di angka 593.08 µgram/m3. Angka ini menunjukkan kualitas udara di wilayah setempat masuk kategori berbahaya.

Dalam klasifikasi BMKG, angka PM10 diatas 350 µgram/m3 berarti udara berbahaya. Sementara untuk kualitas udara yang baik berada di bawah angka 50 µgram/m3.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru Marzuki mengatakan hari ini kabut asap memang masih pekat di Kota Pekanbaru. "Jarak pandang hari ini di Pekanbaru hanya 500 meter. Masih sama dengan hari sebelumnya," ujar Marzuki.

Selain Pekanbaru, beberapa daerah lain di Riau juga terpapar kabut asap. Seperti Indragiri Hulu, Dumai, Pelalawan dan beberapa daerah lainnya.

"Inhu dan Pelalawan menjadi daerah yang terparah, jarak pandang hanya 300 meter. Sementara di Dumai jarak pandangnya juga terbatas yakni 800 meter," cakapnya.


Tulis Komentar