Riau

Pemprov Riau Salat Minta Hujan, PNS Wajib Hadir

Pemprov Riau menggelar salat minta hujan atau istisqa.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menggelar salat minta hujan (istisqa) di halaman masjid Agung Annur, Pekanbaru. Seluruh PNS diberlakukan absensi.

Salat istisqa digelar di halaman masjid Agung Annur di Jl Hang Tuah, Pekanbaru, mulai pukul 07.00 WIB, Selasa (24/9/2019). Pelaksanaan salat ini dihadiri Gubernur Riau, Syamsuar yang sepekan sebelumnya kunjungan kerja ke Thailand.

Jemaah salat istisqa ini paling banyak dihadiri ASN Pemprov Riau karena diberlakukan sistem absensi. Para PNS sebelum melaksanakan salat harus menandatangani absensi di masing-masing dinas yang ada. Intruksi sistem absensi ini sesuai surat edaran Sekda Riau.

Pelaksanaan salat istisqa ini sehubungan dua bulan di Riau tidak turun hujan. Kondisi tanpa hujan membuat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sulit teratasi oleh Satgas yang sudah berjibaku melakukan pemadaman. Salat ini juga dihadiri sebagian kecil dari masyarakat di sekitar masjid terbesar di Riau ini.

Loading...

Usai salat, salah seorang jemaah perempuan tiba-tiba jatuh pingsan. Petugas PMI yang ada di acara tersebut langsung memberikan pertolongan dengan memberikan oksigen.

Setelah itu jemaah tersebut ditandu dari tempat salat ke mobil ambulans PMI. Suasana di tempat sedikit heboh, karena para jemaah tidak mau peristiwa tersebut menjadi perhatian.

Dalam pelaksanaan salat ini, banyak jemaah yang menggunakan masker karena Pekanbaru masih dikepung asap pekat. Hadir juga di salat ini jajaran TNI/Polri di Pekanbaru.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan pelaksanaan salat ini juga diinstruksikan ke seluruh jajaran Pemkab dan Kota se-Riau termasuk di kecamatan.

"Kita harapkan salat istisqa ini, Allah SWT memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita turun hujan secara merata di Riau ini. Ini ikhtiar kita kepada Allah SWT, karena dia yang menentukan segalanya," kata Syamsuar.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar