Riau

13 Anggota DPR RI Dapil Riau Dilantik Hari Ini

GILANGNEWS.COM - Sebanyak 575 anggota DPR periode 2019-2024 dilantik hari ini. Mereka adalah para wakil rakyat terpilih hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Dari jumlah tersebut, 13 orang berasal dari daerah pemilihan Riau.

Menurut data yang dihimpun media, ada 13 Caleg DPR RI dari Dapil Riau 1 dan Riau 2 yang dilantik hari ini. Mereka akan menjadi penyambung aspirasi masyarakat Riau lima tahun kedepan.

Di Dapil Riau 1, ada 7 wakil yang berhasil duduk. Yakni, Jon Erizal, ia merupakan anggota DPR RI petahana periode 2014-2019 dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang berhasil duduk kembali di periode 2019-2024 ini.

Selanjutnya, Achmad yang merupakan kader partai Demokrat. Achmad merupakan mantan bupati Rokan Hulu dua periode yang berhasil membangun icon Islamic Centre Pasir Pangaraian saat masa kepemimpinannya.

Kemudia kader PDI P, Effendi Sianipar yang kembali melenggang ke Senayan. Ia merupakan petahana di periode sebelumnya. Anggota petahana lainnya yang kembali terpilih adalah Chairul Anwar dari PKS

Di tempat kelima, sosok muda di dunia politik M Rahul (Gerindra). Rahul merupakan anak kandung dari M Nasir, yang merupakan anggota DPR RI petahana. Selama proses penghitungan suara bersaing ketat dan berhasil unggul dari Miftah Sabri.

Di posisi keenam, ditempati politisi PPP Syamsurizal. Syamsurizal merupakan mantan bupati Bengkalis dua periode yang sebelumnya berseragam PAN.

Di slot terakhir, mantan gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman juga melenggang ke Senayan dan dilantik hari ini. Pria yang akrab disapa Andi Rachman ini sebelumnya juga pernah menjadi anggota DPR RI Dapil Riau. Ia juga mantan gubernur Riau.

Sementara, untuk Dapil Riau 2, ada 6 slot kursi DPR RI. Mereka adalah Edi Tanjung yang merupakan ketua DPD Gerindra Riau. Edi Tanjung merupakan anggota DPR petahana.

Dua wajah petahana lainnya yang kembali dilantik hari ini adalah, Idris Laena (Golkar). Idris Laena juga sebelumnya pernah menjabat sebagai ketua tim pemenangan Jokowi - Maruf Amin di Riau. Kemudian M Nasir dari partai Demokrat yang merupakan anggota dewan petahana, Marsiaman Saragih dari partai PDI P yang juga petahana.

Sementara dua wajah baru lainnya adalah politisi PKS dari Kampar, Sahrul Aidi dari PKS, serta Abdul Wahid dari PKB. Abdul Wahid sendiri sebelumnya merupakan anggota DPRD Riau. Sementara Sahrul Aidi mantan anggota DPRD Kampar.


Tulis Komentar