x
Ini Penjelasan Lengkap Anies soal Genangan Air di Jakarta

Ini Penjelasan Lengkap Anies soal Genangan Air di Jakarta

Sabtu, 08 Februari 2020 - 11:22:13 wib | Di Baca : 1414 Kali

GILANGNEWS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan genangan air di Jakarta berangsur surut. Segenap jajaran disiagakan di lokasi titik-titik genangan air di Ibu Kota.

Anies memantau ketinggian air di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, pada Sabtu (8/2/2020). Kegiatannya itu dibagikan melalui video singkat di akun resmi media sosial Instagramnya @aniesbaswedan.

Loading...

Anies mengungkapkan pemantauan dimulai sejak Jumat 7 Februari 2020 pukul 16.00 WIB. Saat itu, Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat, menunjukkan peningkatan tinggi permukaan air.

"Air mulai bergerak pukul 16.00 WIB sore dan puncak pukul 22.00 WIB di Bendung Katulampa. Artinya, sejak tadi malam kita sudah antisipasi bahwa ada volume air yang datang ke Jakarta," ungkap Anies yang mengenakan jaket warna merah itu.

Menurut Anies, para lurah telah mengabarkan kepada semua warga di daerah aliran sungai untuk mengantisipasi banjir. "Pagi ini air tiba Jakarta dan tadi mencapai puncak ketinggian maksimal 940 centimeter. Artinya 9 meter 40 centimeter di pintu air Manggarai. Sekarang turun 880 centimeter. Kami sedang tunggu air makin surut, makin surut," ujar Anies.

Anies mengatakan semua pintu air di Jakarta terus dipantau. Ada command center yang memantau pintu air melalui CCTV.

"Yang dipantau permukaan air laut. Menurut prediksi permukaan air laut surut pukul 09.30 WB pagi ini. Ketika itu turun, semua pintu air dibuka secara maksimal. Kalau dibuka secara maksimal insyaallah air bisa segera surut," kata dia.

Menurut Anies, air terus berangsur surut. "Dalam waktu 2 jam sudah turun 0,6 meter (di pintu air Manggarai siaga 2). Harapannya turun lebih cepat lagi
apalagi bila permukaan air laut turun," ujar Anies.

"Semua wilayah yang sempat tergenang, putugas, pompa mobile, pemadam kebakaran ke sana. Seluruh jajaran siaga di tempat yang punya risiko," imbuh Anies.

Soal pengungsi, Anies juga siap apabila ada warga yang membutuhkan tempat. "Karena ini bergerak cepat. Naik cepat, turun cepat. Kita siap kalau ada yang butuh tempat," kata Anies.


Sumber : detiknews.com
Editor :









Baca Juga Topik #Banjir
Loading...

Ikuti Terus GilangNews Melalui Sosial Media


GilangNews




BERITA TERKAIT
TUILIS  KOMENTAR
Loading...
BERITA SEBELUMNYA