x
Komisi II Minta Jangan Ada Lobi-lobi Petugas di Lapangan
Kepala Bapenda Pekanbaru Zulhelmi Arifin (baris keempat/kiri), saat memaparkan kondisi anggaran di Bapenda, saat hearing dengan Komisi II DPRD Pekanbaru Kamis (24/9/2020). 

Hearing Dengan Bapenda Pekanbaru
Komisi II Minta Jangan Ada Lobi-lobi Petugas di Lapangan

Jumat, 25 September 2020 - 14:21:54 wib | Di Baca : 600 Kali

PEKANBARU- Hasil hearing Komisi II DPRD Pekanbaru dengan Bapenda kemarin, bahwa target PAD tahun 2020 ini sebesar Rp 840 miliar. Namun target ini turun menjadi Rp 633 miliar.

Hanya saja, Komisi II merasa pesimis bisa tercapai, meski target sudah turun. Apalagi di masa Pandemi covid-19, yang mengharuskan tempat usaha tidak bisa jor-joran lagi.

"Dari hasil laporan Bapenda ke kita saat hearing kemarin, sampai sekarang (Bulan September), baru terealisasi sekitar Rp 228 miliar. Kan masih jauh dari target," kata Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru H Fathullah, Senin (28/9/2020). 

Dengan masih jauhnya pencapaian target, seiring masa sisa waktu tinggal tiga bulan lagi, Komisi II meminta agar Bapenda melakukan inovasi. 

Namun inovasi yang dilakukan tidak pada wajib pajak pada biasanya. Sebab, masih banyak potensi pajak yang bisa dijadikan sebagai PAD. 

Lebih dari itu, dewan meminta agar Bapenda membersihkan oknum yang bermain di lapangan. 

"Kita juga mendapat informasi, bahwa banyak indikasi petugas pemungut pajak Bapenda, melakukan lobi-lobi dalam menetapkan tagihan pajak. Contoh kamar hotel, restoran dan lainnya. Nanti pengusaha itu membayar ke petugas. Ini yang harus dibersihkan," tegas Politisi Partai Gerindra ini.

Lebih dari itu, Komisi II juga meminta untuk pemasangan stiker pajak, jangan tebang pilih. "Hal-hal seperti ini yang harus dibersihkan. Sehingga PAD kita bisa dikumpulkan lebih banyak lagi," harapnya. *

Teks foto:


Anggota Komisi II DPRD Pekanbaru Sabarudi ST, tampak serius mendengarkan pemaparan dari Bapenda Pekanbaru, saat hearing Kamis (24/9/2020) di ruang Komisi II. 

Dalam hearing dengan Bapenda Pekanbaru Kamis (24/9/2020) kemarin, anggota Komisi II DPRD Roem Diani Dewi mempertanyakan soal raihan PAD. 

Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru H Fathullah saat membuka hearing dengan Bapenda Pekanbaru, Kamis (24/9/2020). 

Suasana hearing Komisi II DPRD Pekanbaru dengan Bapenda bahas APBD P dan PAD, Kamis (24/9/2020). 

6. Pemaparan oleh Bapenda Pekanbaru tentang PAD, saat hearing dengan Komisi II DPRD Pekanbaru, Kamis (24/9/2020). *
 


Editor :
Sumber : GN 1

BERITA TERKAIT
TUILIS  KOMENTAR
BERITA SEBELUMNYA