x
Wagubri Minta Kepala Daerah Berperan Aktif Capai Target TORA 21.213 Bidang
Wagubri, Edy Natar.

Wagubri Minta Kepala Daerah Berperan Aktif Capai Target TORA 21.213 Bidang

Kamis, 07 Januari 2021 - 19:11:30 wib | Di Baca : 1378 Kali

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau meminta bupati/walikota untuk berperan aktif dalam Tugas Reforma Agraria (GTRA) dan Panitia Pertimbangan Landreform (PPL).

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution  terkait kelancaran pelaksanaan redistribusi TORA dan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di tiap wilayahnya masing-masing.

Loading...

Sebab, tahun ini Pemprov Riau menargetkan untuk redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) sebanyak 21.213 bidang, yang tersebar di 9 kabupaten/kota.

"Kami meminta perhatian dari para bupati/walikota di seluruh Provinsi Riau untuk memerintahkan jajarannya untuk dapat berperan secara aktif dalam percepatan redistribusi TORA," pinta Wagubri.

Edy Nasution mengatakan, sumber TORA untuk tahun 2021 berasal dari kewajiban pemegang HGU menyediakan 20 persen dari luas HGU untuk masyarakat. Kemudian dari pelepasan kawasan hutan.

Selain bersumber dari HGU, lanjut Wagubri, TORA juga bersumber dari tanah transmigrasi, eks tanah terlantar dan SK tanah objek Landreform lama yang belum disertifikatkan.

Karenanya, Wagubri berharap agar para bupati/walikota untuk dapat menganggarkan dalam APBD sesuai dengan kemampuan daerah masing-masing, biaya-biaya persiapan pendaftaran tanah yang diperuntukkan dalam pelaksanaan redistribusi TORA dan PTSL, serta kegiatan sertifikasi tanah yang tidak dianggarkan melalui APBN.

"Untuk mencapai tersebut, tentu harus ada kerjasama semua pihak. Termasuk juga para bupati/walikota, supaya redistribusi berjalan lancar," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wagubri juga menyampaikan apresiasi kepada pihak BPN Provinsi Riau sebagai mitra yang sudah membantu pemerintah daerah, khususnya dalam proses pelayanan di bidang pertanahan.

"BPN juga telah memberikan kontribusi kepada provinsi Riau dengan mensukseskan Program Strategis Nasional (PSN) yaitu kegiatan redistribusi TORA, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol, serta berbagai program yang selama ini telah berjalan dengan baik," cakapnya.


Sumber : cakaplah.com
Editor :









Baca Juga Topik #Pemerintahan
Loading...

Ikuti Terus GilangNews Melalui Sosial Media


GilangNews




BERITA TERKAIT
TUILIS  KOMENTAR
Loading...
BERITA SEBELUMNYA