x
Komisi I DPR akan Minta Penjelasan Prabowo Soal Pembelian 6 Pesawat Tempur Prancis
Menhan Prabowo Teken Kontrak Pembelian 6 Pesawat Dassault Rafale.

Komisi I DPR akan Minta Penjelasan Prabowo Soal Pembelian 6 Pesawat Tempur Prancis

Jumat, 11 Februari 2022 - 14:44:04 wib | Di Baca : 1187 Kali

GILANGNEWS.COM - Komisi I DPR meminta penjelasan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terkait pembelian pesawat tempur. Prabowo telah menandatangani kontrak dengan Prancis untuk pembelian pesawat tempur Dassault Rafale.

"Kita bukan enggak mau mendukung atau menolak. Akan tetapi kita akan minta penjelasan dulu dari Pak Prabowo sebelum bisa menyatakan sikap kita," ujar anggota Komisi I DPR RI, Dave Akbarshah Fikarno alias Dave Laksono saat dihubungi, Jumat (11/2).

Loading...

Rencana pembelian pesawat tempur sudah pernah disampaikan Prabowo ke DPR dalam rapat kerja beberapa waktu lalu. Ketika itu Prabowo belum menjelaskan detail skema pembayaran dan kegunaan pesawat tempur yang dibeli.

Perlu Penjelasan Alasan Pilih Pesawat Tempur Prancis

Dave mengatakan, perlu penjelasan apa yang menjadi pertimbangan pembelian pesawat tempur asal Prancis tersebut sebab jenisnya berbeda dengan yang sudah dimiliki Indonesia.

"Karena kan pesawat ini kan berbeda dengan yang sudah kita miliki. Jadi segala sesuatuanya pasti akan, harus ada pengadaan lagi, itu lah yang harus menjadi pertimbangan sebelum melakukan pembelian tersebut. Dan memastikan bahwa ini ada yang diuntungkan ada TOT (transfer of technology)," ujar poltikus Golkar ini.

Menurut Dave, Komisi I dapat melaksanakan rapat kerja dengan Prabowo membahas pembelian Alutsista ini pada masa sidang berikutnya.

"Kan masa sidang ini tinggal seminggu lagi. Pasti dibahasnya juga macem-macem juga ada masalah pertahanan," ucapnya.

Menhan Prabowo Teken Kontrak Pembelian 6 Pesawat Dassault Rafale Buatan Prancis

Kementerian Pertahanan (Kemhan) melakukan penandatanganan kontrak kerja sama pembelian enam pesawat tempur generasi 4,5, Dassault Rafale, buatan Prancis. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan hal itu usai menerima kunjungan kehormatan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis Florence Parly di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis.

Menurut Prabowo, Indonesia merencanakan pembelian alutsista yang cukup signifikan untuk "multirole combat aircraft" dengan mengakuisisi 42 Pesawat Rafale.

"Kita mulai hari ini dengan tanda tangan kontrak pertama untuk 6 pesawat," kata Prabowo dilansir Antara, Kamis (10/2).


Sumber : merdeka.com
Editor :









Baca Juga Topik #Peristiwa
Loading...

Ikuti Terus GilangNews Melalui Sosial Media


GilangNews




BERITA TERKAIT
TUILIS  KOMENTAR
Loading...
BERITA SEBELUMNYA