x
Anggaran Densus 88 Rp1,5 Triliun, Kapolri akan Tambah Personel Dua Kali Lipat
Densus 88.

Anggaran Densus 88 Rp1,5 Triliun, Kapolri akan Tambah Personel Dua Kali Lipat

Kamis, 17 Februari 2022 - 21:08:51 wib | Di Baca : 1270 Kali

GILANGNEWS.COM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tengah merencanakan penambahan personel Detasemen Khusus (Densus) 88 Polri sebanyak dua kali lipat. Hal ini dimaksud untuk mengoptimalkan pemberantasan aksi terorisme.

Keinginan Kapolri telah didukung dengan anggaran yang didapat Densus 88 sebesar Rp1,5 triliun sebagaimana dikutip website resmi Pusat Keuangan (Puskeu) Polri www.puskeu.polri.go.di. Dana yang diterima Densus 88 lebih tinggi, daripada Bareskrim Polri yang hanya Rp1,3 triliun.

Loading...

Anggaran Densus 88 itu diterima berdasarkan data yang terhimpun dalam bagian realisasi belanja per Satuan Kerja (Satker). Sementara, realisasi anggaran sepanjang tahun ini sudah sebesar Rp151,85 miliar atau 10,12 persen.

Dalam situs tersebut, tertulis bahwa alokasi anggaran keseluruh DIPA Polri mencapai Rp111,06 triliun. Dari jumlah itu sudah terealisasi Rp9,49 triliun atau 8,55 persen. Sehingga, Polri masih memiliki sisa anggaran Rp101,57 triliun atau 91,45 persen dari keseluruhan.

Terkait hal tersebut, Kabag Ops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar mengkonfirmasi bahwa jumlah yang termuat dalam situs Puskeu tersebut sebagai anggaran Densus 88 tahun 2022.

"Nah, sudah dapat itu (jumlah anggaran Densus Rp1,5 triliun). Saya tidak ingat persis. Tapi saya pikir info di website Puskeu tidak salah," kata Aswin saat dikonfirmasi.

Kemudian terkait rincian anggaran tersebut, Aswin meminta waktu untuk mengumpulkan data dan informasi terkait pengelolaan anggaran Rp1,5 triliun di Densus hingga pengembangan organisasi tersebut lebih lanjut.

"Beberapa hal yang ditanyakan ini adalah hal-hal strategis yang harus kami persiapkan terlebih dahulu informasi dan datanya. Mohon waktu ya," sebutnya.

Kapolri Minta Personel Densus Ditambah Dua Kali Lipat

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit meminta kepada para personel Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri untuk memaksimalkan kinerja dalam menangani kasus terorisme di Indonesia. Demikian disampaikan Sigit saat berikan arahan pada acara Senior Level Meeting Densus 88 Antiteror Polri, di Bali, Rabu (16/2).

Dalam kesempatan tersebut, Sigit menyebut bahwa, akan mengembangkan struktur organisasi Densus 88 Antiteror Polri dalam rangka semakin mengoptimalkan peran dari pencegahan dan penegakan hukum terhadap tindak pidana kejahatan terorisme di Indonesia.

"Sejalan dengan tantangan yang meningkat dan semakin kompleks, maka Pemerintah setuju terhadap usulan kita pengembangan struktur Densus 88 Antiteror Polri," kata Sigit dalam keterangannya, dikutip Rabu (16/2).

Salah satunya, lanjut Sigit, dengan menambah jumlah perwira jenderal bintang satu yang kini telah berjumlah lima dan menambah kapasitas personel Densus 88 dua kali lipat dari jumlah saat ini.

"Jumlah personel 3.701, saya harapkan berkembang dan bisa dua kali lipat. Sehingga rekan-rekan memiliki kekuatan yang cukup termasuk anggaran, sarana dan prasarana juga ditingkatkan, demikian juga kemampuan yang dimiliki rekan-rekan," kata Sigit.

Selain itu, Sigit juga meminta kepada jajaran Densus 88 untuk memantau perkembangan terorisme Internasional melalui jaringan internet. Dengan tujuan beradaptasi dan mengembangkan kemampuan ketika menghadapi tantangan.

Seperti halnya dengan pesatnya kemajuan perkembangan teknologi informasi (TI). Meskipun hal itu disatu sisi positif, namun di bagian lain, terkadang dapat dimanfaatkan oleh para kelompok terorisme.

Oleh karenanya, Sigit mengungkapkan, Densus 88 harus bisa bersinergi serta bekerjasama kepada seluruh institusi terkait di dalam negeri, tokoh agama, tokoh masyarakat maupun dengan negara lain. Guna memaksimalkan pencegahan dan penindakan terhadap terorisme.

"Rekan-rekan harus siap menghadapi perubahan. Dan kuncinya belajar meningkatkan kemampuan rekan-rekan, mengembangkan organisasi Densus 88, menambah kapasitas personel. Dan saya yakin sejarah membuktikan rekan-rekan mampu walaupun dinamika terjadi," tutur Sigit.


Sumber : merdeka.com
Editor :









Baca Juga Topik #Peristiwa
Loading...

Ikuti Terus GilangNews Melalui Sosial Media


GilangNews




BERITA TERKAIT
TUILIS  KOMENTAR
Loading...
BERITA SEBELUMNYA