x
Panji Ilham, Caleg Milenial yang Fokus pada Persoalan Hukum
Panji Ilham, S.H

Panji Ilham, Caleg Milenial yang Fokus pada Persoalan Hukum

Sabtu, 20 Januari 2024 - 00:47:20 wib | Di Baca : 1129 Kali

GILANGNEWS.COM - Panji Ilham, S.H., seorang Pemuda Milenial kelahiran Pekanbaru, ingin mendedikasikan hidupnya dalam politik dengan maju sebagai salah satu Caleg dari Partai Gerindra Kota Pekanbaru dari Dapil 7 Kecamatan Senapelan - Payung Sekaki dengan Nomor Urut 2.

Keinginan Panji maju sebagai Caleg untuk memberikan warna baru bagi dunia perpolitikan di Kota Pekanbaru, karena selama ini edukasi politik ditengah masyarakat masih sangat minim dari para tokoh-tokoh politik dan juga para Caleg yang terjun ke Dunia Politik.

Loading...

Pengalaman sebagai Tenaga Ahli DPRD

Panji menyampaikan kisah dirinya terjun ke dunia politik saat dirinya diberikan amanah oleh Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Bapak Ginda Burnama S.T., M.T. menjadi Tenaga Ahli Pimpinan DPRD Pekanbaru.

"Tahun 2019 saya dipanggil oleh Pak Ginda untuk menjadi Tenaga Ahli Bidang Hukum karena memiliki basic sebagai Advokat, Pak Ginda butuh Tenaga Ahli yang bergerak di Bidang Hukum untuk memberikan masukan dan pandangan terkait Perda dan Kebijakan Publik selama Pak Ginda menjadi Wakil Ketua DPRD," ujar Panji.

Dengan berjalannya waktu, dirinya juga diminta oleh DPC Partai Gerindra Pekanbaru untuk menjadi Wakil Ketua DPC Gerindra Pekanbaru dan disinilah Saya baru masuk ke dalam dunia politik.

Miskomunikasi antara Masyarakat dan Anggota Dewan

Berangkat dari pengalaman menjadi Tenaga Ahli dan selalu turun ketengah masyarakat mendampingi Pak Ginda Burnama, akhirnya semua kegiatan serta kebijakan yang menyangkut masyarakat selalu saya handle selaku Tenaga Ahli beliau. Dan disini saya melihat masih banyak miskomunikasi antara cara pandang masyarakat terhadap anggota Dewan.

"Masyarakat masih menganggap Dewan itu sama seperti 'Dewa' yang bisa melakukan semuanya, padahal sebenarnya anggota DPRD bisa berbuat kepada konstituen di Dapil mereka masing-masing sesuai dengan Komisi yang mereka tempati di Gedung Parlemen" ujar Panji.

Artinya, masing-masing Komisi memiliki Mitra di Pemerintahan dan ini yang selalu terjadi miskomunikasi, sehingga banyak masyarakat yang kecewa dengan Dewan nya.

"Salah satu contoh adalah ketika masih menjadi Caleg dan saat berkampanye janjinya luar biasa banyak sekali ke masyarakat dan ketika sudah menjadi Anggota Dewan semua janji-janji tersebut tidak terealisasi, padahal yang di janjikan waktu kampanye itu Mitranya mungkin berada di Komisi III namun ketika sudah duduk menjadi Dewan dia berada di Komisi II, artinya yang dijanjikan tidak dapat direalisasikan dengan baik, sebenarnya edukasi ini yang perlu diberikan kepada masyarakat ketika Berkampanye bukan sekedar memberi janji-janji manis demi meraup suara," ujar Panji.

Fokus pada Persoalan Hukum

Panji yang juga merupakan Komandan Echo (Advokasi) Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Kota Pekanbaru mengatakan, seandainya dirinya terpilih jadi Anggota Dewan, ia akan lebih banyak fokus kepada Persoalan Hukum.

"Salah satunya tentang Lalu Lintas. Terkait masalah jumlah volume kendaraan yang semakin membludak maka Saya fokus untuk terus mengawasi perihal tertib berlalu lintas untuk mengurangi jumlah kecelakaan pada masyarakat Kota Pekanbaru" ujar Panji.

Disampaikan Panji untuk Riau hari ini Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Riau mencatat jumlah kecelakaan lalu lintas dengan sepeda motor sepanjang tahun 2023 di daerah itu mencapai 1.726 kasus dengan memakan korban 1.905 orang.

Artinya ini angka yang cukup besar, tentunya ini harus menjadi perhatian kita bersama agar masyarakat kita dapat terhindar dari kecelakaan berlalu lintas dengan mematuhi aturan yang telah ada.

"Karena Saya basicnya Advokat jika nantinya di konstituen Saya terjadi permasalahan hukum maka Saya akan siap untuk membantu mereka," ujar Panji.

Selain itu, Panji juga akan fokus pada Pelayanan Publik salah satunya persoalan Perizinan.

"Ketika masyarakat mengurus perizinan mengalami kendala kita bisa langsung turun untuk membantu karena selama ini persoalan ini masih sering terjadi," ujar Panji.

Fokus pada Pengawasan Pemerintah

Terakhir, Panji juga akan fokus pada pengawasan terhadap pemerintah untuk menjalankan Perda yang sudah dibuat oleh DPRD.

"Karena ini sangat penting karena pembuatan Perda ini memakan APBD yang cukup besar namun ketika sudah di-sah-kan ternyata tidak dijalankan dengan semestinya oleh Eksekutif artinya ini sia sia," ujar Panji.

Panji Berharap Masyarakat Memberikan Kepercayaan

Panji berharap, masyarakat dapat memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk menjadi Wakil mereka di DPRD Kota Pekanbaru.

"Saya berharap masyarakat bisa memberikan kepercayaan kepada Saya untuk bisa membawa kemajuan di Kota Pekanbaru yang kita cintai ini," ujar Panji.


Sumber : ZULFIKRI SH
Editor :









Baca Juga Topik #Politik
Loading...

Ikuti Terus GilangNews Melalui Sosial Media


GilangNews




BERITA TERKAIT
TUILIS  KOMENTAR
Loading...
BERITA SEBELUMNYA