x
Wakil Ketua DPRD Ginda Burnama Terima Audiensi Perwakilan RPH Pekanbaru

Wakil Ketua DPRD Ginda Burnama Terima Audiensi Perwakilan RPH Pekanbaru

Jumat, 12 Januari 2024 - 17:41:34 wib | Di Baca : 273 Kali

PEKANBARU - Dalam upaya meningkatkan ketersediaan daging di Kota Pekanbaru, perwakilan Rumah Potong Hewan (RPH) Pekanbaru melakukan langkah strategis dengan mengadakan audiensi bersama Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Ginda Burnama ST MT, pada Jumat (12/1/2024). 

Pertemuan yang dilaksanakan di ruang kerja Wakil Ketua DPRD tersebut membahas berbagai tantangan yang dihadapi oleh RPH Pekanbaru, mulai dari minimnya bantuan pemerintah hingga tata niaga yang belum berjalan optimal.

Ginda Burnama menyampaikan beberapa masukan yang dihimpun dari perwakilan RPH, termasuk urgensi peningkatan manajemen tata niaga RPH. Diketahui, RPH memiliki potensi besar untuk menjadi penyumbang pendapatan signifikan bagi Pemko Pekanbaru.

"Diperlukan pemikiran yang komprehensif dan keterlibatan semua pihak untuk memaksimalkan potensi RPH. Kerja sama dengan OPD di lingkungan Pemko, kabupaten tetangga, dan provinsi lainnya adalah langkah strategis yang harus diambil," ungkap Ginda Burnama.

Ginda menyoroti potensi kerja sama dengan berbagai instansi, seperti Disperindag, Disketapang, dan dinas lainnya, untuk meningkatkan penggemukan hewan ternak serta pendistribusian daging. Beliau juga menekankan manfaat optimalisasi limbah hewan ternak untuk kebutuhan pupuk taman kota, menciptakan lingkungan yang lebih berkelanjutan.

"Dengan kerja sama yang terjalin, RPH dapat dihitung dalam segi jumlah daging yang dibutuhkan, jasa pemotongan, hingga keuntungan dari distribusi daging. RPH diharapkan dapat berfungsi sebagai mesin pencetak uang atau mendapat keuntungan yang signifikan," paparnya.

Ginda Burnama juga menyampaikan bahwa kerja sama tersebut tidak hanya akan memberikan dampak positif bagi RPH, tetapi juga akan menjadikan Kota Pekanbaru lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan daging. 

"Mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dalam pemenuhan daging bisa dikuatkan. Kalau dihilangkan, kita akan tergantung terus pada daerah atau pihak lain. Khawatirnya diembargo daging, maka akan menjadi prahara, seperti kelangkaan minyak dan sebagainya," tambahnya.

Diharapkan, langkah-langkah strategis yang diusulkan oleh RPH Pekanbaru dan dukungan dari Wakil Ketua DPRD ini dapat membawa perubahan positif dalam meningkatkan ketersediaan daging di Kota Pekanbaru serta menjadikan kota ini lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangan. (ADV)

Galery Foto Kegiatan : 


Editor :
Sumber : GN 1

BERITA TERKAIT
TUILIS  KOMENTAR
BERITA SEBELUMNYA