x
Nobar Timnas U-23 Dibatasin MNC Group, Dukung Garuda Muda atau Melanggar Hukum?

Nobar Timnas U-23 Dibatasin MNC Group, Dukung Garuda Muda atau Melanggar Hukum?

Ahad, 28 April 2024 - 16:58:28 wib | Di Baca : 811 Kali

GILANGNEWS.COM - Timnas Indonesia U-23 menorehkan sejarah dengan lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024 di Qatar.

Kejutan yang diciptakan Timnas Indonesia U-23 ini membuat banyak masyarakat berencana menonton bareng (nobar) saat Garuda Muda melawan Uzbekistan, Senin (29/4/2024) malam.

Loading...

Namun, rupanya pihak MNC Group selalu pemegang hak siar telah memberikan peringatan soal acara nobar tanpa seizin mereka.


MNC Group melarang nobar yang digelar tanpa seizin resmi pihaknya. Bukan itu saja, bagi yang melanggar juga terancam pidana.

Larangan nobar Indonesia vs Uzbekistan ini ramai di media sosial Instagram dan X (twitter), sejak Sabtu (27/4/2024).

Sebagian besar netizen mengecam larangan ini dan dianggap menghambat mereka untuk mendukung Timnas Indonesia U-23.

Dalam poin keenam surat pengumuman hak eksklusif MNC Group AFC U-23 Asian Cup 2024 ditegaskan bahwa MNC Group melarang kegiatan on air dan off air termasuk nonton bareng tanpa persetujuan MNC Group.

“Bahwa pelanggaran terhadap larangan-larangan tersebut di ancam dengan sanksi pidana, dan denda sesuai Undang-undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tulis pengumuman MNC Group tersebut.

Berikut isi lengkap surat pengumuman MNC Group.:

1. Bahwa MNC Group adalah satu-satunya pemegang hak eksklusif lisensi media rights dan official broadcaster dari AFC U-23 Asian Cup 2024 di wilayah Negara Republik Indonesia.

2. Bahwa hanya MNC Group dan/atau Asian Football Confederation (AFC) yang mempunyai hak untuk menggunakan dan/atau mengasosiasikan lambang/logonya bersama dengan lambang resmi, maskot, trophy AFC U-23 Asian Cup 2024 di wilayah Negara Republik Indonesia.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka Tanpa Persetujuan dari MNC Group, kepada pihak manapun  juga DILARANG:

1. Menggunakan dan/atau mengasosiasikan lambang dan logo bersama dengan kata-kata/tulisan, lambang, emblem, logo, maskot, nama kompetisi, trophy resmi AFC U-23 Asian Cup 2024.

2. Menyiarkan dan/atau meredistribusikan siaran AFC U-23 Asian Cup 2024.


3. Memproduksi dan/atau mengadakan kegiatan, termasuk program acara, kompetisi dan/atau promosi dalam bentuk apapun dan melalui media apapun, seperti program undian, SMS, kuis, games, polling, yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan AFC U-23 Asian Cup 2024.

4. Menggunakan clip maupun copy dari semua penayangan pertandingan AFC U-23 Asian Cup 2024, baik secara langsung (live) maupun siaran ulang (re-run).

5. Membuat berita atau artikel dengan kata-kata/tulisan, lambang, emblem, logo, maskot, trophy resmi AFC U-23 Asian Cup 2024, (Competition Marks dan Competition Names) yang dalam format/lay-out yang memberi kesan didukung, dipersembahkan atau disponsori oleh sponsor-sponsor selain sponsor resmi AFC di wilayah negera Republik Indonesia.

6. Menyelenggarakan kegiatan on air, kegiatan off air termasuk nonton bareng.

7. Promo media cetak, digitan media, billboard dengan asosiasi iklan.

Bahwa pelanggaran terhadap larangan-larangan tersebut di atas diancam dengan sanksi pidana dan denda sesuai Undang-Undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Namun perlu diketahui, bahwa nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan tetap bisa Anda laksanakan dengan syarat mendapat izin dari pihak MNC Group.

Seperti diketahui Timnas Indonesia U23 di bawah asuhan Shin Tae Yong masuk ke fase bergengsi ini dan akan berebut tiket final dengan Timnas Uzbekistan U23.

Duel Indonesia vs Uzbekistan rencananya digelar di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Doha, pada Senin malam 29 April 2024, mulai pukul 21.00 WIB.

Laga ini akan disiarkan MNC Group.

Pecinta sepak bola Tanah Air dari berbagai komunitas sudah mengagendakan nobar Indonesia vs Uzbekistan besok malam.

Masalahnya, mereka kini terbentur dengan larangan nobar Piala Asia U23 2024, termasuk untuk pertandingan Indonesia vs Uzbekistan itu.

Tanggapan Netizen

Soal ini, netizen menanggapinya secara beragam.

“Wajar karena MNC Group sepertinya sudah mengakuisisi hak siar dan hak komersial lainnya yang berkaitan dengan Asian Cup U-23. Sewajarnya pula kita menghormati itu seperti halnya ketika kita menuntut semua orang untuk menghargai hak cipta,” tulis warganet di akun X @Bambangelf.

Hal senada juga dituliskan warganet, Jul di alamat @aliksah.

“Ini efeknya gak cuma sekedar mengingatkan yang ngadain nonbar dengan skala besar atau yang komersil doang, tapi brand-brand lain yg suka ikut nebeng bikin konten terkait turnamen ataupun bikin kuis/giveaway. Tinggal diakalin aja jangan sebut nama turnamennya. Kemarin pas pildun juga pada ngakalin jadi Kuis Pesta Bola Dunia,” tulisnya.

Beberapa warganet lain menilai larangan MNC Group justru membuat susah pecinta sepak bola Tanah Air.

“Mau nonton timnas malah susah gini,” tulis @belalangdanau.

“Gak ada masalah dari larangannya kecuali larangan nomor 6.Kita gak boleh nobar ???? are you serious?????Gue tau kalo itu mempengaruhi income MNC tapi c'mon masa sampe kita mau nonton bareng aja sampe diatur,” tulis @Frash_23.

"Mau dukung Timnas saja kok dihambat," kata netizen lainnya.

"Coba, Timnas gak lolos babak semifinal. Pasti gak ada larangan," ujar warganet lainnya.

 


Sumber : wartakotalive.com
Editor :









Baca Juga Topik #Olahraga
Loading...

Ikuti Terus GilangNews Melalui Sosial Media


GilangNews




BERITA TERKAIT
TUILIS  KOMENTAR
Loading...
BERITA SEBELUMNYA