x
Puluhan warga terluka akibat ledakan Api Bakar Tongkang
Ritual Bakar Tongkang

Puluhan warga terluka akibat ledakan Api Bakar Tongkang

Kamis, 28 Juli 2016 - 11:30:26 wib | Di Baca : 2526 Kali

Gilangnews.com - Kegiatan rutin tahunan 'Jamu Laut' (bakar tongkang) di Kecamatan Panai Hilir, Labuhanbatu, Sumatera Utara, diwarnai dengan kesedihan. Sebab, Rabu (27/7) malam puluhan warga terluka akibat ledakan kembang api ketika menyambut kegiatan tersebut.

 
Arnoldi Purba, seorang saksi mata yang juga korban ledakan, mengatakan peristiwa terjadi sebelum acara bakar tongkang dilaksanakan. Warga menggelar hiburan kembang api dan artis dari Malaysia.
 
Saat itu, warga begitu antusias menyaksikan hiburan kembang api sehingga ratusan orang memadati ruas jalanan tersebut. Menurutnya, kembang api pertama dan kedua berhasil dinyalakan dan terbang ke udara.
 
Tapi, kembang api beterbangan tak tentu arah sehingga api bercampur asap mesiu yang dikeluarkan dari benda tersebut melukai puluhan warga di sekitarnya.
 
"Pada saat kejadian, saya bersama keluarga persis di depan kembang api yang meledak. Suara getaran begitu keras hingga menghancurkan beberapa bagian Vihara," kata Arnoldi, di Labuhanbatu, Kamis (28/7), dilansir dari Antara.
 
Arnold bersama dua orang anaknya menderita luka bakar di bagian wajahnya dan jarinya. Sementara itu, putri Arnold mengalami luka robek di perut sehingga harus dirawat inap di RSUD Rantauparapat.
 
Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu mencatat, 24 orang korban luka-luka sudah dievakuasi ke Puskesmas setempat. Lima orang di antaranya luka lebih berat dirujuk ke RSUD Rantauprapat.
 
"Perawat dan petugas medis sedang menangani pasien yang terluka akibat percikan api dari butir mesiu," kata Kadis Kesehatan Labuhanbatu, Alwi Mujahid Hasibuan.
 
Sementara Kapolsek Sei Berombang, AKP J Sitompul mengungkapkan penyebab ledakan masih diselidiki. Acara Jamu Laut yang akan dijadwalkan puncaknya, Kamis 28 Juli 2016 dihentikan sementara hingga hasil penyelidikan selesai.[P]
 
Sumber Merdeka.com


Sumber :
Editor :









Baca Juga Topik #Adat
Loading...

Ikuti Terus GilangNews Melalui Sosial Media


GilangNews




BERITA TERKAIT
TUILIS  KOMENTAR
Loading...
BERITA SEBELUMNYA