Aidil Amri Perjuangkan Pembangunan Masjid Paripurna Al-Ikhlas Dianggarkan Rp 1 M

Kamis, 07 November 2019

PEKANBARU- Harapan masyarakat Kelurahan Lembah Sari, Rumbai Pesisir (Rumpes), Pekanbaru, agar Masjid Al-Ikhlas yang terletak di RW 07, dibangun hingga kondisi repsentatif dalam waktu dekat, nampaknya akan terealisasi.  

Sebab, Pemko Pekanbaru sudah menganggarkan pada APBD murni 2020, sebesar Rp 1 miliar.  Nilai ini diyakini bisa membuat bangunan masjid sebagaimana mestinya. "Ya, anggarannya memang sudah dimasukkan dalam APBD 2020. InsyaAllah tidak akan meleset," kata Anggota DPRD Kota Pekanbaru Aidil Amri S Sos, di sela-sela resesnya di halaman Masjid Al-Ikhlas Jalan Pembina,  Rumpes,  Kamis petang (7/11). 

Dalam reses tersebut, warga RW 07 Lembah Sari, juga menyampaikan aspirasi, agar pembangunan masjid yang kini kondisinya sangat ironi tersebut, segera dirampungkan. Sebab,  kondisi masjid yang kini hanya tanpa dinding dan atap seadanya itu,  selama ini praktis mengandalkan swadaya masyarakat setempat. 

Sejak pembangunan pondasi hingga kondisi sekarang, sudah memakan waktu sekitar 7 tahun. "Pembangunan masjid ini hanya gotong royong dan swadaya masyarakat. Tidak pernah tersentuh APBD.  Makanya kita sangat senang,  kini dianggarkan di APBD Pekanbaru," sebut Aidil lagi. 

Aidil Amri yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrat ini juga mengaku, status masjid tersebut kini sudah masuk dalam kategori Masjid Paripurna Kelurahan Lembah Sari. 

"Sebenarnya anggaran rehab pembangunan ini disiapkan Rp1, 5 miliar. Tapi dikucurkan saja Rp 1 miliar,  kita sudah senang. Kan ada proses tendernya. Yang penting kami mau masjid ini selesai dan layak jadi masjid paripurna kelurahan, " pintanya. 

Pengerjaan masjid ini akan dimulai pada awal tahun 2020 mendatang. Masyarakat berharap,  sebelum Bulan Ramadhan tahun depan,  sudah bisa selesai. "Kalau bicara selesai,  kita tak tahu la. Tapi itu harapan kita,  bagaimana dengan uang Rp 1 miliar,  masjid ini bagus dan layak serta enak dipandang mata. Tentunya selaku wakil rakyat di DPRD Kota Pekanbaru,  kita siap mengawasinya hingga berjalan on the track, " tegasnya. 

Kondisi Masjid Al-Ikhlas Lembah Sari Rumpes ini sekarang, belum ada ukiran apapun.  Bahkan tanpa dinding, tanpa marmer dan lainnya.  Namun areanya cukup luas,  bahkan sudah ada sarana pendidikan untuk anak-anak tempatan,  seperti MDA,  taman bacaan Al-Quran dan sarana pendidikan lainnya.  "Kita usahakan MDA ini nanti,  dinaikkan statusnya menjadi SD Islam, " janjinya. **