Kasus Virus Corona di Korsel Melonjak Jadi 156 Orang

Jumat, 21 Februari 2020

Jumlah orang yang terinfeksi virus corona di Korea Selatan terus meningkat menjadi 156 per Jumat (21/2).

GILANGNEWS.COM - Jumlah orang yang terinfeksi virus corona di Korea Selatan terus meningkat menjadi 156 per hari ini, Jumat (21/2).

Dikutip dari media, angka itu bertambah setelah pihak berwenang Korsel melaporkan 52 kasus baru.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea mengatakan dari jumlah itu, 43 di antaranya terdapat di Daegu, ibu kota Provinsi Gyeongsang Utara. Sebanyak 39 kasus baru dikaitkan dengan sebuah gereja di selatan kota Daegu.

Lebih dari 80 jemaat gereja itu telah terinfeksi. Seorang wanita berusia 61 tahun diduga menjadi orang yang pertama kali menyebarkan virus.

Wanita itu mengalami demam pada 10 Februari, namun dia dilaporkan menolak untuk dites virus corona. Dia dicurigai lantaran baru saja bepergian ke luar negeri. Dia dilaporkan tetap menghadiri setidaknya empat kebaktian sebelum didiagnosis.

Daegu merupakan kota terbesar keempat di Korea Selatan, dengan populasi lebih dari 2,5 juta penduduk. Wali Kota telah meminta warga untuk tidak bepergian. Warga juga diminta mengenakan masker saat melakukan kegiatan sehari-hari.

Dengan melonjaknya kasus virus corona ini, maka Korsel menjadi salah satu negara dengan jumlah korban terbanyak selain China.

Kamis kemarin, Negeri Ginseng mengonfirmasi kematian pertama akibat virus corona. Pasien tersebut meninggal saat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Ceongdo Daenam.

Hingga Jumat pagi, korban meninggal akibat terinfeksi virus corona di seluruh dunia mencapai 2.244 orang. Sebagian besar korban merupakan warga China,

Sebanyak 2.233 korban meninggal di China daratan. Sementara 11 lainnya di tujuh negara yakni Korea Selatan satu orang, Iran dua orang, Hong Kong dua orang, Taiwan satu orang, Jepang satu orang dan dua penumpang kapal pesiar, Filipina dan Prancis masing-masing juga satu orang.

Virus corona mulai merebak sejak akhir 2019 di Kota Wuhan. Diduga virus itu berasal dari hewan kemudian menular kepada manusia. Virus itu kemudian menyebar ke penjuru negeri dan bahkan lintas negara.

Selain China, Jepang menjadi negara dengan korban corona kedua terbanyak setelah kapal pesiar Diamond Princess yang berlabuh di perairan Yokohama membawa penumpang positif terjangkit virus itu. Lebih dari 600 orang di kapal pesiar itu positif virus corona.