Pasien Poisitif yang Sembuh Dijauhi Masyarakat, Ini Kata Jubir Covid-19 Riau

Sabtu, 18 April 2020

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Juru Bicara (Jubir) Penanganan Virus Corona (Covid-19) Provinsi Riau, dr Indra Yovi, mengingatkan masyarakat untuk tidak takut atau menjauhi pasien positif maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sudah dinyatakan sembuh dan negatif Covid-19.

"Kami mendapat laporan pasien positif yang dinyatakan sembuh, bahkan pasien-pasien PDP yang negatif, masih dijauhi oleh sebagian masyarakat. Menurut saya ini sangat tidak baik," kata Indra Yovi.

Menurutnya, pasien positif yang dinyatakan sembuh lebih kuat daripada masyarakat yang belum terkena virus sama sekali.

"Sebenarnya kita lah yang lebih beresiko (terpapar virus). Karena pasien yang dinyatakan sembuh mereka memiliki kekebalan, sehingga kemungkinan besar tidak akan tertular lagi dengan virus Corona," ujarnya.

Lebih lanjut Yovi menyampaikan, total pasien positif Covid-19 di provinsi Riau yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 9 orang.

"Pasien positif yang sembuh sudah pulang, dan sebagian mereka masih menjalani isolasi mandiri 7-10 hari. Kemudian sebagian sudah selesai menjalani isolasi mandiri, dan sudah bisa berbaur dengan masyarakat lainnya," terangnya.

Sedangkan PDP yang sudah sehat dan pulang ada 139 orang dari total PDP 317 orang. Sedangkan 150 PDP masih dirawat, dan 28 PDP meninggal dunia.