Disdik Riau Sayangkan Aksi Perayaan Kelulusan Siswa di Rohul

Senin, 04 Mei 2020

GILANGNEWS.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau menyayangkan kelakuan siswi dari salah satu SMA di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang merayakan kelulusan dengan aksi coret-coret baju. Dan bahkan membuat video tiktok yang tidak baik untuk ditonton.

Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kaharuddin kepada wartawan, Senin (4/6/2020).

Dia menegaskan bahwa pihaknya telah mengirimkan surat imbauan kepada seluruh kepala sekolah, dan juga mengimbau siswa/siswi yang lulus tidak merayakan kelulusan dengan aksi, coret-coret baju, konvoi dan berkumpul.

"Kita sangat menyayangkan kejadian tersebut, apalagi insiden ini terjadi di bulan suci Ramadan. Dan di tengah merebaknya penyebaran wabah Covid-19. Kita sudah mengirimkan imbauan ke sekolah agar siswa tidak merayakan kelulusan dengan berlebihan," kata Kaharuddin.

"Selain itu, kita juga sudah mengeluarkan surat edaran (SE) Disdik Provinsi Riau, tentang Kelulusan dinyatakan bahwa Pengumuman kelulusan dilakukan pada malam hari pukul 21.00 wib secara online. Dengan demikian diharapkan tidak terjadi kerumunan anak-anak dan dilanjutkan dengan konvoi-konvoi di jalan raya," tegasnya.

Kaharuddin menjelaskan, pihaknya juga telah meminta klarifikasi kepada pihak sekolah, terkait adanya foto viral siswa SMA di Riau yang melakukan kegiatan coret-coret baju saat merayakan kelulusannya.

Sekolah tersebut sebenarnya sudah mematuhi surat edaran dari Dinas Pendidikan Riau dalam hal teknis pengumuman kelulusan siswa. Yakni diumumkan di malam hari dan dilakukan secara online. Siswa juga tidak dibenarkan datang ke sekolah untuk melibat pengumuman.

"Kita sudah minta klarifikasi pihak sekolah, dan keterangan pihak sekolah kejadian ini murni kegiatan yang diambil sendiri oleh siswa tersebut tanpa seizin pihak sekolah. Sekolah tidak ada mengarahkan atau menyetujui aksi coret-coret kelulusan. Jadi itu murni kegiatan yang diambil oleh siswa tersebut," tutupnya.