Djoko Santoso Dimakamkan, Prabowo Beri Penghormatan Terakhir

Ahad, 10 Mei 2020

Menteri Pertahanan Prabowo beri penghormatan terakhir di makam Djoko Santoso.

GILANGNEWS.COM - Jenazah eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santoso sudah dimakamkan. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan penghormatan terakhir.

Djoko Santoso dimakamkan di pemakaman San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, siang tadi. Menhan Prabowo hadir dalam upacara pemakaman tersebut.

Dari pantauan di lokasi, Minggu (10/5/2020), Prabowo tampak memberikan sikap hormat di depan makan Djoko Santoso yang sudah dipenuhi bunga. Prabowo memberikan hormat selama beberapa detik.

Prabowo juga sebelumnya hadir di rumah duka Djoko Santoso di kawasan Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur. Prabowo tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana berwarna cokelat.

Prabowo juga mengenakan peci dan kacamata. Dari foto terlihat Prabowo memakai masker hijau.

Usai melayat di rumah duka, Prabowo sempat memberikan keterangan. Dikatakannya, Djoko Santoso adalah sosok pejuang dan prajurit yang hebat.

"Penghormatan seorang pejuang dan prajurit yang hebat," ujar Prabowo.

Djoko Santoso adalah Panglima TNI pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dia menjabat Panglima TNI sejak 28 Desember 2007 hingga 28 September 2010.

Pensiun dari militer, Djoko Santoso melanjutkan karir dengan bergabung di Partai Gerindra pada 2015. Dia masuk struktur Dewan Pembina. Pada Pilpres 2019, Djoko Santoso menjadi Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga.

Almarhum Djoko Santoso mengembuskan napas terakhir pagi tadi di RSPAD Gatot Soebroto setelah sepekan sebelumnya menjalani perawatan. Djoko Santoso diketahui meninggal karena pecah pembuluh darah di otak atau stroke.