Ekonomi Sulit, Disdik Pekanbaru Ingatkan Sekolah Jangan Tahan Rapor Siswa

Jumat, 15 Mei 2020

GILANGNEWS.COM - Pandemi virus Corona atau Covid-19 sangat berdampak terhadap ekonomi masyarakat. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru mengingatkan, saat ekonomi sulit ini agar memberikan keringanan bagi siswa untuk membayar uang SPP.

Demikian disampaikan Kepala Disdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal. Ia mengingatkan pihak sekolah swasta tidak menahan rapor peserta didik yang menunggak SPP. Ia meminta sekolah memberikan keringanan bagi siswa dengan cara angsuran.

"Jadi kalau belum lunas jangan ada yang tahan ijazah atau rapor," tegas Jamal, Jumat (15/5/2020).

Lanjutnya, orang tua siswa yang merasa berat untuk membayar SPP bisa datang ke sekolah melakukan komunikasi dengan pihak sekolah terkait pembayaran SPP. "Kalau bisa peserta didik yang kurang mampu bebaskan biaya SPP dalam kondisi pandemi ini," kata dia.

Jamal mengaku, Disdik sudah membahas hal ini setiap rapat online. Diakuinya, sekolah swasta tidak bisa membebaskan uang SPP sepenuhnya.

Sebab, ada pertimbangan sekolah harus membayar honor guru swasta yang bersumber dari SPP. Namun Ia mengimbau sekolah untuk membebaskan atau memberi keringanan SPP bagi peserta didik kurang mampu.