TKI Kecewa Bantuan Tidak Kunjung Dicairkan Pemkab Bengkalis

Selasa, 16 Juni 2020

TKI warga Bengkalis yang antrean di Bank Riau-kepri mengurus pembukaan rekening untuk penyaluran BLT khusus TKI, belum lama ini.

GILANGNEWS.COM - Bantuan Langsung Tunai (BLT) khusus untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terdampak Covid-19 yang sudah dianggarkan pada pos anggaran BPBD Bengkalis hingga kini tidak kunjung cair. Padahal, untuk BLT lainnya dengan masyarakat penerima non-TKI, proses pencairannya sudah memasuki tahap kedua.

Belum kunjung cairnya BLT tersebut membuat para TKI yang sebagian besar bekerja di negeri jiran Malaysia ini, bertanya-tanya. Mereka sudah cukup lama didata dan sudah pula membuat rekening di Bank Riau Kepri untuk proses penyaluran dana BLT. Namun uang yang ditunggu-tunggu tidak juga mereka terima.

“Kalau dihitung-hitung sejak kita mulai buat rekening di Bank Riau sampai sekarang, dah masuk 1,5 bulan. Ingat saja dulu buat rekening tanggal 30 April, sekarang dah tanggal 15 Juni,” ujar salah seorang TKI yang minta namanya diekspos dengan nama panggilan, Ilan.

Pria asal Kecamatan Bantan ini mengatakan, akibat wabah corona, dirinya bersama dengan beberapa temannya yang lain terpaksa pulang kampung karena di Malaysia pun tidak bisa bekerja. Uang yang didapat selama di negeri jiran itu pun sudah habis karena di Bengkalis pun sekarang ekonomi susah.

“Karena itu, waktu Pemda menjanjikan ada bantuan uang tunai untuk TKI, kami sangat senang sekali. Berapapun jumlahnya, dengan kondisi sekarang sangat berharga,” ujarnya lagi.

Hal senada disampaikan Liana, salah seorang eks TKI dari Kecamatan Bengkalis. "Masuk Malaysia belum bisa, kemarin kita berpanas-panas antre ramai-ramai di Bank Riau membuat rekening baru untuk penyaluran BLT ini, tapi sampai sekarang tidak ada kabar," ujarnya sedikit kesal.

Ia mengatakan, pembukaan rekening atas permintaan pihak desa menyusul adanya bantuan dari Pemerintah. Namun, sejak Ramadan lalu rekening sudah siap bantuan tak kunjung tiba.

"Kalau menunggu bantuan itu memang tak makan. Kami sehari kais sana kais sini untuk memenuhi kebutuhan. Kemarin, pihak desa mendesak, harus segera siap untuk administrasi bantuan, tapi sampai sekarang tidak ada penjelasan," ujarnya lagi seraya berharap ada penjelasan dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis bagaimana kelanjutan bantuan tersebut.

Kepala BPBD Kabupaten Bengkalis, Tajul Mudarris saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan proses verifikasi dan validasi terhadap data-data para TKI yang akan menerima bantuan.

“Jumlah yang kita verifikasi dan validasi ini cukup banyak mencapai 2000-an, jadi prosesnya agak lama. Namun, proses ini sudah hampir selesai jadi dalam waktu sesegera mungkin bisa kita proses,” ujarnya.

Bantuan untuk TKI ini berbeda dengan bantuan lainnya dimana data penerima sudah terverifikasi, sehingga proses pencairan bisa lebih cepat. Sementara data TKI baru diambil saat ada program penanganan Covid, proses inilah yang butuh waktu karena pihaknya ingin memastikan bahwa bantuan yang diberikan tepat sasaran.

Saat ditanya berapa jumlah BLT yang akan diterima oleh TKI ini, Tajul mengatakan sebesar Rp600 ribu dan hanya sekali. “Kalau bantuan lainnya itu untuk tiga kali (bulan,red), kalau kita cukup satu kali saja sebesar Rp600 ribu,” ungkap Tajul.