Warga Rohul Terkonfirmasi Positif Covid-19, Pernah Naik Lion Air 5 Juli ke Jakarta

Senin, 06 Juli 2020

Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi.

GILANGNEWS.COM - Tim Gugus Tugas Covid-19 meminta kepada maskapai penerbangan Lion Air untuk melakukan tracing kontak terhadap seluruh penumpang yang terkonfirmasi positif Covid-19, dari Kabupaten Rokan Hulu Tn ES (56), yang melakukan perjalanan ke Jakarta, Ahad (5/7/2020) kemarin.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19, Indra Yovi, mengatakan, pasien dari Rohul tersebut, berangkat ke Jakarta dengan hanya menggunakan hasil rapid test yang hasilnya nonreaktif. Namun sebelumnya pasien ini terlebih dahulu sudah dilakukan swab, sehari sebelum keberangkatan ke Jakarta.

Diceritakan Indra, Tn. ES (56) yang merupakan warga Kabupaten Rokan Hulu. ES melakukan pemeriksaan rapid test tanggal 2 Juli 2020 di salah satu Rumah Sakit Swasta di Rokan Hulu untuk keperluan perjalanan ke Jakarta dengan hasil reatif, kemudian dilanjutkan dengan pengambilan swab pertama pada tanggal 3 Juli 2020.

Pada tanggal 4 Juli 2020 dilanjutkan swab yang ke 2 di RSUD Rokan Hulu. Tn. ES (56) sudah diedukasi untuk melakukan isolasi mandiri di rumah sampai hasil swab keluar. Namun pada tanggal 5 Juli 2020 Tn. ES (56) melakukan rapid test mandiri di Bandara SSK II Pekanbaru dengan hasil nonreaktif sehingga Tn. ES (56) bisa melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Dan tanggal 6 Juli hasil swab Tn. ES (56) dinyatakan Positif. Saat ini Tn. ES (56) berada di Jakarta dan Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Riau sudah melakukan komunikasi dengan Gugus Tugas Covid-19 yang ada di Jakarta. Belum diketahui riwayat penularan Covid-19 dari Tn. ES (56).

“Pasien positif ini dari Rohul, dan ia sempat dirawat rapid tes di RS Swasta, dan hasilnya hasilnya reaksi positif. Tapi sebelum hasil swab keluar, pasien ini langsung berangkat, dengan hasil rapid test negatif, di bandara SSK II Pekanbaru, dan terbang ke Jakarta,” jelas Indra Yovi.

“Rapid test itu kebetulan negatif, bisa saja terjadi rapid positif dan negatif. Tapi kan hasil swabnya keluar, setelah dia berangkat kemarin dan swab keluar hari ini positif. Dia terbang pakai Lion Air, jam 11.30 WIB kemarin, sekarang sudah berada di Bekasi,” kata Indra.

Untuk itu pihaknya telah meminta dari KKP dan pihak Lion, melakukan tracing, dan mencek manifas, penumpang pada tanggal 5 Juli pukul 11.30 WIB.

“Harus dilakukan tracing, siapa saja yang dalam pesawat Lion Air. Dan tentu pasien yang sekarang sudah di Bekasi juga dilakukan tracing,” kata Indra Yovi.

4 Pasien Sembuh, 1 Meninggal Dunia

Selain ada penambahan 1 pasien positif, hari ini ada 4 pasien positif sembuh. "Informasi hari ini di Provinsi Riau terdapat penambahan 1 kasus positif Covid-19. Kabar baiknya, terdapat penambahan 4 pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh. Dan kabar duka, terdapat penambahan 1 pasien yang dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19," kata Juru Bicara Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, Senin (6/7/2020).

Dengan begitu, maka total pasien positif di Riau menjadi 235 orang, dengan rincian 12 pasien dirawat, 212 pasien sehat dan sudah dipulangkan, dan 11 pasien meninggal dunia.

Sedangkan kasus PDP yang masih dirawat berjumlah 75 pasien, PDP negatif Covid-19 dan dipulangkan berjumlah 1.932 orang, dan PDP meninggal dunia berjumlah 192 orang. Sehingga total PDP berjumlah 2.199 orang. Kemudian ODP dalam pemantauan berjumlah 4.943 orang, ODP sudah selesai pemantauan berjumlah 76.625 orang.

Yovi menyampaikan penambahan 4 pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh, yaitu  Ny. IC (37) yang merupakan warga Kabupaten Kampar, Tn. BK (22) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hilir, Tn. AS (28) yang merupakan warga Kota Pekanbaru, Ny. GS (30) yang merupakan warga Kota Pekanbaru.

"Kabar duka, terdapat penambahan 1 pasien covid-19 yang dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19 yaitu Tn. S (61) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu)," tutupnya.