Total 700 Sex Toys Disita Bea Cukai Makassar, Ini Jenis Barangnya

Rabu, 29 Juli 2020

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Total ada 700 sex toys yang disita Kantor Bea Cukai Makassar. Barang yang sudah siap diedarkan ke masyarakat sebelum disita itu terdiri dari jenis dildo dan vibrator.

"Isinya dalam paket itu berupa vibrator dan dildo," kata Kepala Seksi Humas Bea Cukai Makassar, Satria Yudhatama kepada wartawan, Rabu (29/7/2020).

Satria mengatakan bahwa paket-paket tersebut berjumlah ratusan dan dikirimkan lewat pos. Bea Cukai yang mengetahui keberadaan barang ilegal tersebut langsung melakukan penyitaan.

"Jadi ada sekitar 700 paket itu semua tegahan dari kantor pos. Prediksi kita itu beli secara online," terang dia.

Satria mengatakan, pihaknya biasanya melakukan pencegahan pada barang-barang yang masuk kategori larangan dan pembatasan. Misalnya, penerima barang narkotika akan langsung dimintai keterangan.

"Sedangkan sex toys ini masuk kategori pembatasan, di mana sebetulnya barang boleh masuk diimpor dengan syarat mendapatkan izin dari instansi terkait," terangnya.

"Biasanya barang kita tegah dan hanya kita panggil pemiliknya, untuk dimintai keterangan, namun banyak yang tidak direspon," imbuh dia.

Sebelumya, Kepala Bea Cukai Makassar, Eva Arifah Aliyah mengatakan sex toys tersebut dikirimkan ke sebuah alamat yang berada di Makassar. Salah satu modus yang digunakan adalah dengan pengirim dengan skala kecil secara terus menerus.

"Yang sex toys ini sudah kita musnahkan. Yang kemarin kita sita banyak dan saya lupa jumlah persisnya," terang dia.