Data Kasus Covid-19 yang Dirilis Pemprov Riau Berbeda dengan Pemko Pekanbaru, Kok Bisa?

Jumat, 21 Agustus 2020

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Data kasus terkonfirmasi positif Virus Corona atau Covid-19 yang dirilis Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Kamis (20/8/2020), berbeda dengan data Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Di dalam data yang dirilis Pemprov Riau, ada 12 pasien positif yang berasal dari Pekanbaru. Padahal, menurut data gugus tugas Kota Pekanbaru, 12 pasien tersebut tidak ada di data mereka. Data 12 pasien tersebut adalah CTO (27), FRA (36), IAA (9), MZU (3), RKM (11), RKA (7) dan USA (bayi 11 bulan). Kemudian TA (28), PY (36), HF (28), A (35), dan UKA (52).

Malah, dua pasien positif Covid-19 yang diumumkan Kota Pekanbaru, LF (32) dan MFA (41), tidak masuk dalam data Gugus Tugas Provinsi Riau. Data yang dirilis Pemko Pekanbaru ada 10 penambahan kasus. Sedangkan versi Pemprov lebih dari 10 kasus.

Menanggapi itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Kota Pekanbaru Maisel Fidayesi mengaku tidak tahu persis dari mana Pemprov mendapatkan data itu. Sedangkan data yang diambil Pemko Pekanbaru langsung dari rumah sakit dan berdasarkan alamat pasien.

"Kemungkinan Provinsi Riau mengambil data bukan berdasarkan alamat pasien, tetapi berdasarkan rumah sakit di mana pasien dirawat," jelasnya.

Maisel menjelaskan, data yang diumumkan hari ini merupakan hasil tes swab pasien yang dilakukan per tanggal 18 Agustus 2020. Terkait data yang berbeda tersebut, pihaknya akan segera konfirmasi ulang kepada Provinsi Riau.

"Akan kita konfirmasi lagi dengan provinsi, data ini," jelasnya.