Antisipasi Nakes Terpapar Covid-19, Ahli Epidemiologi Riau akan Beri Pelatihan

Sabtu, 22 Agustus 2020

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Banyaknya tenaga kesehatan (Nakes) di Provinsi Riau yang terpapar Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) mendapat perhatian Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Cabang Riau.

Karena itu, PAEI Riau akan menggelar workshop (pelatihan) bagi Nakes dinas kesehatan (Diskes) kabupaten/kota se-Riau yang bertugas di rumah sakit maupun Puskesmas.

Ketua PAEI Cabang Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan MKes (Epid) kepada CAKAPLAH.com mengatakan, pelatihan tersebut untuk memberi pengetahuan kepada tenaga kesehatan agar tidak terular virus saat menangani pasien Covid-19.

"Jadi nanti kita ajarin lagi Nakes di rumah sakit dan Puskesmas cara-cara menangani pasien Covid-19 agar mereka tidak tertular virus," katanya.

Wildan mengatakan, langkah tersebut juga untuk mengantisipasi terjadinya klaster Nakes di Riau. Sebab saat ini sudah banyak Nakes di Riau terpapar Covid-19.

"Karena kita tidak ingin ada klaster Nakes di Riau. Makanya perlu ada pembinaan kepada Nakes agar mereka aman dalam menjalankan tugas," cakapnya.