Pesta Pernikahan Berujung Maut: 177 Terinfeksi Virus Corona, 7 Tewas

Ahad, 20 September 2020

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Resepsi pernikahan di pedesaan Maine, Amerika Serikat menimbulkan cluster virus Corona. Sebanyak 177 orang terinfeksi di mana 7 lainnya meninggal dunia.

Menyadur The Straits Times, Sabtu (19/9/2020), kasus 'superspreader' atau infeksi luas itu semakin memperbanyak kasus Covid-19 di timur laut negara bagian AS tersebut.

Secara aturan, pernikahan yang berlangsung pada awal Agustus itu telah melanggar ketentuan karena dihadiri 65 orang alih-alih 50 sebagai batas resmi.

Upacara pernikahan yang berlangsung di sebuah gereja itu kemudian diikuti dengan resepsi di Big Moose Inn--kedua tempat di dekat kota indah Millinocket, yang populasinya hanya 4.000 orang.

Sepuluh hari kemudian, dua lusin orang yang terkait dengan pernikahan itu dinyatakan positif Covid-19. Kondisi itu memaksa Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Maine membuka penyelidikan.

Direktur lokal pusat tersebut, Dr Nirav Shah, pada Kamis (17 September) memberikan jumlah korban terbaru untuk acara tersebut.

Mereka menambahkan bahwa tak ada satupun dari tujuh orang yang meninggal karena infeksi Covid-19 itu yang benar-benar menghadiri pesta pernikahan. Hal itu menunjukkan penyebaran virus sudah meluas.

Pelacak kontak menghubungkan pernikahan itu dengan beberapa titik virus di seluruh negara bagian--termasuk lebih dari 80 kasus di penjara 370 km jauhnya, di mana salah satu penjaga menghadiri upacara tersebut.

10 kasus kemungkinan lainnya ditemukan di sebuah gereja Baptis di daerah yang sama, sementara 39 infeksi--dan enam kematian--berada di panti jompo 160 km dari Millinocket.

Bagi masyarakat dan wilayah yang telah melonggarkan aturan jarak sosial, berita tersebut merupakan peringatan yang sangat mengkhawatirkan.

"Ketika kami mendengar wabah itu ... semua orang benar-benar berjongkok," kata Cody McEwen, kepala dewan kota.

"Begitu wabah itu terjadi, kami menutup kota itu lagi."

Beberapa warga jelas marah pada penyelenggara acara. Kekinian penutupan telah dilakukan dimulai dari kedai minum, yang lisensinya ditangguhkan sementara.

"Saya tidak berpikir mereka seharusnya mengadakan pernikahan. Saya pikir itu seharusnya dibatasi seperti yang seharusnya," kata Nina Obrikis, seorang anggota gereja Baptis tempat upacara itu diadakan

"Kita tidak bisa kemana-mana atau tidak melakukan apa-apa."

Gubernur Maine Janet Mills pada hari Kamis mengeluarkan peringatan kepada 1,3 juta penduduk negara bagian itu untuk lebih disiplin dan waspada terkait Covid-19.

"Gejolak seperti itu mengancam usaha yang telah kami lakukan. Covid-19 tidak ada di sisi lain pagar, itu di halaman kami."

Sejak dimulainya pandemi awal tahun ini, peristiwa penyebaran yang serupa telah dilaporkan di seluruh dunia.

Yang pertama di Amerika Serikat adalah konferensi bioteknologi di Boston pada bulan Februari yang dihadiri oleh sekitar 175 orang, dan pemakaman di Georgia, di mana lebih dari 100 orang tertular virus.

Dalam beberapa pekan terakhir, kelompok infeksi seperti itu telah terlihat di kampus-kampus universitas, memaksa mahasiswa dipulangkan.