20 Hotspot Terdeteksi di Riau, Tersebar di 6 Daerah

Kamis, 25 Februari 2021

GILANGNEWS.COM - Ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau belum hilang. Hari ini 20 hotspot atau titik panas masih terdeteksi di Bumi Lancang Kuning itu.

Forecaster On Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Yudhistira Mawaddah mengatakan, hotspot tersebnut tersebar di 6 wilayah.

"Hari ini terpantau sebanyak 20 titik panas di Riau. Tersebar di 6 wilayah, dengan sebaran terbanyak di Kabupaten Siak," ujar Yudhistira Mawaddah, Kamis (25/2/2021).

Ia merincikan, titik panas terpantau di Kabupaten Siak sebanyak 13 titik, Dumai dan Indragiri Hilir masing-masing 2 titik. Kemudian Bengkalis, Pelalawan dan Rokan Hilir masing-masing satu titik.

"Dari jumlah tersebut, satu titik diantaranya berada di level tinggi. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan. Titik api tersebut berada di Indragiri Hilir, tepatnya di Kecamatan Mandah," cakapnya.

Sementara 19 titik lainnya berada di level sedang. "BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," sebutnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 33.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50 - 98 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Barat - Utara dengan kecepatan 08 - 36 Km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 - 2.5 meter.