80 Persen Calon Jamaah Haji Riau Telah Disuntik Vaksin Covid-19

Senin, 05 April 2021

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Pemerintah Arab Saudi menyatakan akan membuka kembali pelaksanaan Haji dan Umrah, untuk tahun 2021 ini, bagi umat muslim di seluruh dunia, dengan syarat jamaah wajib divaksin.

Di Riau, para calon jaamaah haji memang telah menjalani vaksinasi untuk mengantisipasi jika Indonesia mendapatkan izin menjalani Ibadah haji tahun ini.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, sejauh ini pelaksanaan vaksinasi bagi calon jaamaah haji asal Riau, sudah mencapai 80 persen.

Pelaksanaanya telah dijalankan sejak program vaksinasi dimulai di Provinsi Riau yang melibatkan tenaga kesehatan, petugas publik, dan lansia.

“Informasinya dari pemerintahan Arab Saudi, untuk tahun ini dibuka pelaksanaan Haji dan Umrah, dengan mewajibkan jamaah sudan divaksin. Dan kita untuk antisipasinya telah menjalani vaksinasi bagi calon jamaah haji, sekarang kalau tak salah sudah mencapai 80 persen,” ujar Mimi lagi.

Karena ketentuannya harus divaksin, tentu wajib bagi calon jamaah haji untuk divaksin. Bagi yang belum divaksin bisa mendaftarkan segera di Kabupaten Kota.

"Yang jelas berangkat atau tidaknya jamaah haji dari Indonesia, kita sudah siap, seandainya Indonesia masuk daftar haji,” jelas Mimi lagi.

Dalam aturan pemerintahan Arab Saudi, Indonesia masih dalam tahap kajian apakah masuk dalam daftar haji tahun ini atau tidak. Karena ada tiga kesempatan Indonesia untuk mendapatkan jatah haji, pertama bisa 100 persen berangkat, kedua bisa 50 persen keberangkatan, dan ketiga bisa jadi jatah Indonesia tidak ada.

“Keputusannya kan semua ada di Pemerintah Arab, mungkin nanti di akhir Mei atau Juni, untuk seluruh Kabupaten Kota dan Indonesia sudah jalan. Apakah kita bisa naik haji tahun ini belum tau, bisa penuh, bisa setengah, bisa tidak berangkat. Yang jelas persiapan saja,” kata Mimi.

Untuk diketahui, proses vaksinasi bagi tenaga kesehatan sudah mencapai 97,4 persen, dan untuk lansia baru 1,69 persen. Sedangkan bagi petugas publik mencapai 24,52 persen.

Proses vaksinasi masih terus berjalan hingga 70 persen penduduk di Riau sudah divaksin, agar penyebaran Covid-19 bisa teratasi. Juga guna meningkatkan imun atau kekebalan tubuh bagi masyarakat yang telah divaksin.