Kemenkes Pastikan Vaksinasi Masyarakat Umum Digelar Awal Juli

Kamis, 10 Juni 2021

Vaksinasi warga umum di atas 18 tahun akan dimulai awal Juli. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

GILANGNEWS.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan program vaksinasi Covid-19 nasional tahapan tiga yang menyasar ratusan juta masyarakat rentan dan masyarakat umum sesuai pendekatan klaster akan dimulai awal Juli 2021.

Juru Bicara Vaksinasi dari Kemenkes Siti Nadia Tarmizi merinci tahapan pertama Kemenkes menyasar sebanyak 1,4 juta tenaga kesehatan, kemudian tahap kedua secara paralel menyasar sebanyak 21,5 juta lansia dan 17,4 petugas pelayanan publik. Kemudian tahapan ketiga 141,3 juta penduduk berusia di atas 18 tahun.

"Vaksinasi masyarakat umum Indonesia mungkin minggu keempat Juni ya, tapi yang pasti awal Juli 2021," kata Nadia melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Kamis (10/6).

Nadia sekaligus menegaskan, Kemenkes telah memutuskan untuk merampingkan tahapan vaksinasi yang menyasar 181.554.465 penduduk, dari yang mulanya empat tahapan kini menjadi tiga tahapan.

Perubahan terletak pada tahapan tiga dan empat yang dilebur menjadi satu tahapan. Awalnya, Kemenkes menetapkan tahapan ketiga menyasar masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi sebanyak 63,9 juta orang.

Selanjutnya tahap keempat menyasar sebanyak 77,4 juta orang yang merupakan masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan klaster sesuai dengan ketersediaan vaksin.

"Saat ini tidak ada tahapan 4. Digabungkan menjadi sasaran 141,3 juta penduduk," kata dia.

Selain itu, pada tahapan ketiga ini, Kemenkes juga optimistis mampu mulai menggenjot vaksinasi sejuta penduduk dalam sehari.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo juga telah mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 dengan menargetkan 700 ribu penyuntikan per hari mulai Juni dan 1 juta per hari mulai Juli.

"Realisasi sejuta vaksinasi perhari kira-kira mulai Juli," ujarnya.

Kemenkes mencatat sebanyak 19.211.433 orang telah menerima suntikan dosis vaksin virus corona per Kamis (10/6) Pukul 12.00 WIB. Sementara 11.488.917 orang telah rampung menerima dua dosis suntikan vaksin covid-19 di Indonesia.

Artinya, target vaksinasi pemerintah baru menyentuh 10,58 persen dari sasaran vaksinasi yang menerima suntikan dosis pertama. Sementara suntikan dosis kedua baru berada di angka 6,32 persen.